Unit Kedua Super Hercules Pesanan Menham Akan Mendarat di Lanud Halim

Unit Kedua Super Hercules Pesanan Menham Akan Mendarat di Lanud Halim

PAGARALAMPOS.COM - Kementrian Pertahanan RI memesan lima unit pesawat Super Hercules kepada Amerika.

Jika tak ada halangan, Rabu tanggal 28 Juni 2023 sekitar pukul 14.30 WIB jenis pesawat agkut Lockheed Martin C-130J-30 ini untuk Skadron Udara 31 TNI AU. 

Pesawat dengan nomer A-1340 akan mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma.  Merupakan unit kedua dari lima unit yang dipesan. 

Pesawat pesanan relah bertolak dari dari pabriknya di Lockheed Martin Aerospace, Georgia Amerika Serikat, pada 22 Juni lalu.

BACA JUGA:Dislitbangau Kemenhan Ciptakan Prototipe Smart Bomb JSOW, Seperti Rudal Katanya

Pesawat mengawali penerbangan pada 22 Juni 2023, take off dari Marietta, di barat laut kota Atlanta Georgia Amerika Serikat pukul 09.00 waktu setempat untuk menuju San Diego AS. 

Setelah melewati Samudra Pasifik dan singgah di Kepulauan Hawaii, Kepulauan Marshall serta Kepulauan Guam, pesawat diperkirakan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Rabu (28/6) pukul 14.24 WIB

Pesawat mendarat di Sandiego pada siangnya pukul 11.36 LT. Penerbangan berlangsung selama 5 jam 36 menit.

Pesawat kemudian meninggalkan Sandiego untuk melanjutkan penerbang feri jarak jauhnya dan mendarat di Honolulu. Penerbang berlangsung selama 7 jam 36 menit.

BACA JUGA:Menhan Prabowo Serah Terima Pesawat C-130J-30 Super Hercules ke TNI, Disaksikan Langsung Presiden RI

Rute ketiga adalah penerbangan dari Honolulu ke Kwajalien. Dengan menempuh penerbangan selama 7 jam, A-1340 direncanakan akan mendarat di atol Kwajalien pada 26 Juni 2023. 

Setelah itu Super Hercules Skadron Udara 31 ini akan meneruskan ferry flight ke Guam dengan penerbangan selama 4 jam 30 menit.

Guam menjadi perhentian terakhir A-1340 sebelum memasuki wilayah udara Indonesia. Direncanakan pesawat berangkat dari Guam pada 28 Juni 2023 untuk melanjutkan rute terakhir menuju Jakarta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: