Memiliki Garis Keturunan Tionghoa! Tak Disangka Ternyata Suku Ini Berada di Sumatera, Apa Saja Suku Itu?

Memiliki Garis Keturunan Tionghoa! Tak Disangka Ternyata Suku Ini Berada di Sumatera, Apa Saja Suku Itu?

Memiliki Garis Keturunan Tionghoa! Tak Disangka Ternyata Suku Ini Berada di Sumatera, Apa Saja Suku Itu?--Instagram

PAGARALAMPOS.COM – Sumatera Selatan terkenal dengan beragam suku yang hidup berdampingan dengan suku lain dengan tetap menjaga tradisi dan adat istiadatnya.

Salah satu suku dengan sejarah yang unik adalah masyarakat Palembang yang berasal dari campuran suku Arab, Tionghoa, dan Jawa.

Ketika orang Tionghoa pertama kali tiba di Palembang, mereka menetap di sepanjang Sungai Mus, yang kemudian menyebabkan perkawinan campuran antara penduduk lokal dan Tionghoa.

Akibatnya, orang Palembang sebagian besar adalah keturunan Tionghoa.

BACA JUGA:Tau Ga Sih? Di Sumatera Ternyata Ada Suku Keturunan Tionghoa Lho, Simak Disini!

Kehadiran keturunan Tionghoa dalam suku Palembang menambah kekayaan budaya dan sejarah provinsi Sumatera Selatan.

Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai keanekaragaman budaya, bahasa, etnis hingga suku yang berbeda-beda.

Luas wilayah tersebut dihuni dengan jumlah populasi penduduk yang cukup besar, yaitu mencapai 8.551 jiwa per tahun 2021.

Suku yang ada di provinsi Sumatera Selatan juga banyak seperti, Suku Melayu Palembang, Suku Melayu Komering, Suku Melayu Semendo, Suku Melayu Empat Lawang, Suku Melayu Musi, Suku Melayu Banyuasin, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Tionghoa, Suku Minangkabau dan masih banyak suku lainnya.

BACA JUGA:Majapahit Tak Bisa Tapi Kesultanan Banten Bisa Taklukkan Pajajaran? Ini Sebabnya!

Tidak hanya terkenal dengan wilayah kekuasaannya, Kerajaan Majapahit turut terkenal dengan kekuatan armada militernya yang begitu tangguh dan disegani oleh bangsa lain.

Bukti bahwa Majapahit memang sebuah kerajaan yang besar, banya sumber yang menggambarkan hingga memberikan data akan wilayah kekuasaan Majapahit.

Berdasarkan peta wilayahnya, adalah satu wilayah yang memiliki suku dari keturunan Majapahit dan masih ada hingga saat ini.

Salahsatunya adalah, suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Tercatat, di Sumsel ada 12 suku besar yang sudah banyak dikenal, belum lagi dengan suku-suku yang belum banyak diketahui orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: