Apa Hubungan Tebing Karang Hawu, Dengan Nyi Roro Kidul Pengusa Pantai Laut Selatan?

Apa Hubungan Tebing Karang Hawu, Dengan Nyi Roro Kidul Pengusa Pantai Laut Selatan?

Makam Keramat Gunung Salak! Ternyata Nyi Roro Kidul Serta 3 Pria Ini Sang Penunggunya -tangkapan layar-Sonora.id

PAGARALAMPOS.COM - Dihimpun dari sejumlah laman sejarah buku-buku mitologi dan cerita rakyat turun temurun.

Mitosnya diceritakan terdapat beberapa nama, diantaranya dalam mitologi Jawa Kanjeng Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu yang mengisi alam kehidupan sebagai dewi padi dan dewi alam yang lain. 

Sedangkan Nyi Roro Kidul mulanya merupakan putri Kerajaan Sunda yang diusir ayahnya karena ulah ibu tirinya.

Dalam perkembangannya, masyarakat cenderung menyamakan Nyi Roro Kidul dengan Kanjeng Ratu Kidul, meskipun dalam kepercayaan Kejawen, Nyi Roro Kidul adalah bawahan setia Kanjeng Ratu Kidul.

BACA JUGA:Makam Putri Pajajaran Dipuncak Gunun Salak, Mitos atau Nyata?

Percaya atau tidak, Nyi Roro Kidul dipercaya menjabat sebagai patih Kanjeng Ratu Kidul yang memimpin bala tentara makhluk halus di laut selatan. 

Kiai Iman Sampurno dari Blitar, Jawa Timur (abad ke-19) mengeluarkan ramalan bahwa Nyi Roro Kidul dan Sunan Lawu akan memimpin bala tentara.

Masing-masing dan menyebarkan wabah kepada para manusia yang berkelakuan buruk.

Versi yang serupa adalah Kadita, putri tunggal Raja Munding Wangi dari Galuh Pakuan. Karena kecantikannya, ia dijuluki Dewi Srengenge atau Dewi Matahari.

Salah satu cerita rakyat Sunda menceritakan Dewi Kadita, putri cantik dari kerajaan Sunda Pajajaran, yang melarikan diri ke lautan selatan setelah diguna-guna.

BACA JUGA:4 Nama Makam di Puncak Gunung Salak, No 4 Tokoh Perwayangan?

Guna-guna tersebut dikeluarkan oleh seorang dukun atas perintah saingannya di istana, dan membuat putri tersebut menderita penyakit kulit yang menjijikkan. 

Ia melompat ke lautan yang berombak ganas dan menjadi sembuh serta kembali cantik. Para lelembut kemudian mengangkatnya menjadi Ratu Lelembut Laut Selatan yang legendaris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: