Tak Disangka! Suku di Sumatera Selatan Memiliki Keturunan Tionghoa, Berikut 4 Nama Sukunya

Tak Disangka! Suku di Sumatera Selatan Memiliki Keturunan Tionghoa, Berikut 4 Nama Sukunya

Tak Disangka! Suku di Sumatera Selatan Memiliki Keturunan Tionghoa, Berikut 4 Nama Sukunya-Foto: net-

Model arsitektur rumah yang paling khas adalah rumah Limas, yang didirikan di atas panggung di atas air untuk melindungi dari banjir. Di kawasan Sungai Musi sering terlihat orang Palembang menawarkan dagangannya di atas perahu.

3. Suku Lintang

Suku Lintang tinggal di kawasan pegunungan Bukit Barisan, diapit oleh suku Pasemah dan Rejang. Mereka hidup dari bercocok tanam yang menghasilkan kopi, beras, kemiri, karet, dan sayur-sayuran, serta beternak kambing, kerbau, ayam, itik, dan bebek. Orang Lintang adalah penganut Islam yang kuat, terlihat dari banyaknya masjid dan pesantren.

4. Suku Pasemah

Suku Pasemah mendiami wilayah kabupaten Empat Lawang, Lahat, Ogan Komering Ulu, dan sekitar gunung Dempo di Kota Pagar Alam.

Banyak dari mereka yang merantau ke provinsi Bengkulu. Suku ini berasal dari keturunan Raja Darmawijaya (Majapahit) yang menyeberang ke Palembang.

Mereka tersebar di pegunungan Bukit Barisan, khususnya di lereng-lerengnya. Nama Pasemah berasal dari kata Basemah yang berarti berbahasa Melayu. Hasil utama masyarakat suku ini adalah kopi, sayur-sayuran, dan cengkeh, dengan makanan pokoknya adalah beras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: