Keturunan Sunan, Ternyata Begini 3 Pendekar Kerajaan Mataram Mendapatkan Kesaktian, Simak Kisahnya!

Keturunan Sunan, Ternyata Begini 3 Pendekar Kerajaan Mataram Mendapatkan Kesaktian, Simak Kisahnya!

Miliki Garis Keturunan Sunan, Ternyata Begini 3 Pendekar Kerajaan Mataram Mendapatkan Kesaktian, Simak Ya!-Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan Mataram Kuno merupakan Kerajaan maritim yang terletak di pedalaman Jawa Tengah. Para ahli memperkirakan bahwa letak Kerajaan Mataram Kuno berada di wilayah Medang dan Poh Pitu. 

Poh Pitu sendiri hingga sekarang belum jelas letak pastinya. Dalam beberapa catatan sejarah menjelaskan bahwa letak Mataram Kuno ditandai dengan letaknya yang dikelilingi gunung, pegunungan dan sungai – sungai.

Para ahli sejarah memperkirakan bahwa wilayah Mataram Kuno bagian utara berbatasan dengan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. 

Sedangkan di sisi barat terdapat Pegunungan Serayu, disebelah timur terdapat Gunung Lawu, dan selatan terdapat Laut Selatan dan Pegunungan Seribu.

BACA JUGA:Majapahit Dibawah Kepemimpinan Prabu Siliwangi Tak BIsa Taklukkan Pajajaran! Ada Apa?

Sungai yang dimaksud adalah Sungai Bogowonto, Progo, Opak dan Bengawan Solo. Sedangkan Poh Pitu yang dimaksud kemungkinan adalah wilayah antara Kedu hingga sekitar Prambanan.


--

Dinasti yang Memerintah Mataram Kuno:

Dinasti Sanjaya

Mataram Kuno pertama kali didirikan oleh Raja Sanjaya yang bergelar Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya. Raja Sanjaya dikenal sebagai Raja yang bijaksana, cakap dan taat beragama. 

Dibawah pemerintahan Sanjaya, wilayah Mataram Kuno mampu diperluas. Kerajaan Mataram Hindu pernah menjadi pusat pembelajaran agama Hindu yang dibuktikan dengan banyaknya kunjungan pendeta dan bahkan menetap di Mataram.

Raja Sanjaya wafat pada pertengahan abad ke 8 M dan digantikan oleh Rakai Panangkaran putranya. 

BACA JUGA:Benarkah Kegagalan Majapahit Taklukkan Pajajaran Ada Kaitannya Dengan Prabu Siliwangi? Ini Ceritanya!

Pasca wafatnya Rakai Panangkaran terjadi perpecahan di Mataram Kuno yang membagi Kerajaan Mataram Kuno menjadi dua bagian yaitu Mataram Kuno bercorak Hindu ada di Jawa Tengah bagian utara, sedangkan Mataram Kuno bercorak Buddha ada di Jawa Tengah bagian selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: