Pantesan Punya Kulit Putih, Ternyata 4 Suku Asli Sumsel Ini Keturunan China, Simak Disini!

Pantesan Punya Kulit Putih, Ternyata 4 Suku Asli Sumsel Ini Keturunan China, Simak Disini!

Pantesan Punya Kulit Putih, Ternyata 4 Suku Asli Sumsel Ini Keturunan China, Simak Disini!-tangkapan layar-tirto.id

PAGARALAMPOS.COM - Sumatera Selatan atau yang disingkat Sumsel ini, terkenal dengan keanekaragaman suku yang tetap mempertahankan tradisi dan adatnya namun tetap hidup berdampingan dengan suku lain.

Bahkan ada Salah satu suku dengan sejarah yang unik adalah suku Palembang yang muncul dari gabungan suku Arab, Cina, Jawa dan lainnya.

Diketahui Ketika orang Tionghoa pertama kali tiba di Palembang, mereka menetap di sepanjang Sungai Musi, kemudian menyebabkan percampuran penduduk lokal dan Tionghoa melalui perkawinan campuran.

Alhasil, suku Palembang didominasi oleh keturunan Tionghoa. Kehadiran keturunan Tionghoa dalam suku Palembang menambah kekayaan budaya dan sejarah provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:3 Pendekar Ini Menghilang Tanpa Jejak, Padahal Merupakan Pahlawan Yang Tersakti Di Tanah Jawa

Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai keanekaragaman budaya, bahasa, etnis hingga suku yang berbeda-beda.

Luas wilayah tersebut dihuni dengan jumlah populasi penduduk yang cukup besar, yaitu mencapai 8.551 jiwa per tahun 2021.

Suku yang ada di provinsi Sumatera Selatan juga banyak seperti, Suku Melayu Palembang, Suku Melayu Komering, Suku Melayu Semendo, Suku Melayu Empat Lawang, Suku Melayu Musi, Suku Melayu Banyuasin, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Tionghoa, Suku Minangkabau dan masih banyak suku lainnya.

BACA JUGA:Siapa Tjoa Kie Tjuan, Apakah Benar Kapiten Pertama China di Palembang?

Tidak hanya terkenal dengan wilayah kekuasaannya, Kerajaan Majapahit turut terkenal dengan kekuatan armada militernya yang begitu tangguh dan disegani oleh bangsa lain.

Bukti bahwa Majapahit memang sebuah kerajaan yang besar, banya sumber yang menggambarkan hingga memberikan data akan wilayah kekuasaan Majapahit.

Berdasarkan peta wilayahnya, adalah satu wilayah yang memiliki suku dari keturunan Majapahit dan masih ada hingga saat ini.

Salahsatunya adalah, suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Tercatat, di Sumsel ada 12 suku besar yang sudah banyak dikenal, belum lagi dengan suku-suku yang belum banyak diketahui orang.

BACA JUGA:Tjoa Kie Tjuan, Pemimpin Tionghoa Pertama di Palembang, Apakah Ini Muasal Keturunan China di Sumsel?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: