Taklukan Pajajaran, Kesultanan Demak Mulai Sebarkan Islam Ditanah jawa, Ini ceritanya!

Taklukan Pajajaran, Kesultanan Demak Mulai Sebarkan Islam Ditanah jawa, Ini ceritanya!

5 Destinasi Wisata Favorit Wisatawan di Demak -Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Dengan kekuatan penuh Hidayatullah atau Fatahillah diberi tanggung jawab Kesultanan Demak untuk memimpin penyerangan ke  Jawa Barat atau Pajajaran.

Angkatan perang kesultanan Demak Akhirnya bisa menaklukan Pajajaran dengan kota-kota pelabuhannya yang penting dikuasai Kesultanan Demak.

Salah seorang panglima perang Kesultanan Demak yang sangat terkenal saat itu adalah Fatahillah, pemuda asal Pasai (Sumatra), yang juga menjadi menantu raja Trenggana.

Asal usul Kerajaan Demak tidak diketahui dengan jelas, Kota Demak tampaknya didirikan pada perempat akhir abad ke-15 oleh seorang Muslim.
 
Kemungkinan besar seorang Tionghoa yang bernama "Cek Ko-po", Anaknya mungkin adalah orang yang oleh Tomé Pires dalam Suma Oriental-nya sebut sebagai "Rodim".

 

 

BACA JUGA:Awal Kehancuran Empire Majapahit Diguncang Kesultanan Demak, Siapa Raden Fatah, Benarkah Dibantu Wali Songo

Sultan Trenggana berjasa atas penyebaran Islam di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Di bawah Kekuasanya, Kesultanan Demak mulai menguasai daerah-daerah Jawa lainnya seperti merebut Sunda Kelapa dari Pajajaran serta menghalau tentara Portugis yang akan mendarat di sana (1527).

Juga menaklukkan hampir seluruh Pasundan/Jawa Barat (1528–1540) serta wilayah-wilayah bekas Majapahit di Jawa Timur.

Seperti Tuban (1527), Madura (1528), Madiun (1529), Surabaya dan Pasuruan (1527–1529), Kediri (1529), dan Malang (1529–1545).

Sultan Trenggana alias Pate Rodim (lahir: 1483; wafat: 1546) adalah sultan Demak ketiga, yang memerintah tahun 1505-1513 dan 1521-1546.
 

Kembali ke Keruntuhan Majapahit sebenarya tidak ada hubungan dengan gagalnya mereka menaklukan Pajajaran.

Padahal kekuatan Kerajaan Majapahit diakui seantero dunia pada zamanya bahkan keksairan China pun takut.

Siapa yang tidak mengenal Mahapati Gajah Mada, tapi Anehnya Meskipun Pajajaran tidak bisa ditaklukan oleh Majapahit kerajaan ini hilang akibat diserang oleh Kesultanan Banten.

Inilah penyebab utama runtuhnya Kerajaan Pajajaran, akibat  adanya serangan dari kerajaan Sunda yang lain-nya, yaitu Kesultanan Banten.

Inilah penyebab utama runtuhnya Kerajaan Pajajaran, akibat  adanya serangan dari kerajaan Sunda yang lain-nya, yaitu Kesultanan Banten.

 
Kerajaan Pajajaran dikenal juga dengan nama lain yakni, Kerajaan Sunda atau Negeri Sunda atau disebut Pasundan.
 
Letak kerajaan ini di masa lampau bukanlah terletak di Bandung yang kini menjadi Ibu Kota Jawa Barat, melainkan di Pakuan atau saat ini Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: