Ditemukan Prasasti Kerajaan Majapahit Di Desa Wangkal Probolinggo, Menjadi Bukti Sejarah Nusantara!

 Ditemukan Prasasti Kerajaan Majapahit Di Desa Wangkal Probolinggo, Menjadi Bukti Sejarah Nusantara!

PAGARALAMPOS.COM - Berlokasi di Desa Wangkal Probolinggo, Ditemukan Prasasti Peninggalan Kerajaan Majapahit di Area Persawahan yang menjadi Bukti Desa Kuno.

Menurut Catatan sejarah, Dimana Kerajaan Majapahit tersebar di beberapa wilayah Seantero Pulau Jawa, dan salah satunya ada di Probolinggo Jawa Timur.

Dipercaya bahwa Konon, pada zaman dulu Raja Hayam Wuruk sempat singgah di Bumi Banger yang saat ini dikenal sebagai Probolinggo.

Saat itu, pada salah satu desa yang diyakini sebagai kampung kuno di Probolinggo ditemukan sebuah Prasasti Batu Tulis yang dibuat pada masa Kerajaan Majapahit, tepatnya ketika dipimpin Raja Hayam Wuruk.

BACA JUGA:DAHSYAT! 4 Strategi Perang Ini Membuat Kerajaan Padjajaran Tak Tertaklukkan Oleh Majapahit

Sebuah Prasasti yang dibuat pada tahun 1324 masehi itu menjadi bukti di desa ini dulunya adalah salah satu wilayah pedukuhan kuno.

Menurut Infromasi ternyata Prasasti ini dibuat sebagai tanda penghormatan dari Raja Hayam Wuruk kepada Mpu Nala.

Yang dimana pada saat itu Mpu Nala menjabat sebagai Panglima Angkatan Laut Kerajaan Majapahit yang telah berhasil mencapai kebrahmanaannya.

Bukti keberadaan prasasti ini juga tertulis dalam Kitab Negarakertagama, Prasasti Batur, dan serta Rengganis.

Untuk menuju ke lokasi, perjalanan dimulai dari gerbang tol Leces menuju ke arah selatan melewati bekas pabrik kertas Leces.

BACA JUGA:Sampai Majapahit Runtuh Abad 16, Padjadaran Tidak Juga Bisa Ditaklukan, Inikah Starteginya?

Setelah sampai di pertigaan Desa Malasan, belok ke arah utara melewati kantor Kecamatan Tegalsiwalan, Pasar Banyuanyar, Pasar Klenang, Sungai Pekalen, dan Kantor Kecamatan Gading.

Kira-kira lima ratus meter ke arah timur dari kantor Kecamatan Gading, kemudian melewati jalan makadam ke utara sejauh lima ratus meter, pengunjung akan menemukan area persawahan.

Di sebelah barat makam umum dusun setempat, pada area persawahan tersebut Prasasti ini berada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: