Padjadjaran Nama kerajaan Yang Sampai Majapahit Runtuh Abad 16, Kerajaan Ini Tidak Juga Bisa Ditaklukan!

Padjadjaran Nama kerajaan Yang Sampai Majapahit Runtuh Abad 16, Kerajaan Ini Tidak Juga Bisa Ditaklukan!

Majapahit-colase-net

PAGARALAMPOS.COM - Orang Sunda dikenal bukan tipe orang yang ekspansif, namun begitu untuk soal perang mereka punya kekuatan yang diperhitungan luar biasa pada zaman dahulu.

Di masa kejayaan Kerajaan Sunda atau Padjadjaran satu-satunya Kerajaan yang tidak bisa ditaklukan oleh Kerajaan besar Majapahit, memiliki strategi perang yang mumpuni.

Sehingga bisa menahan gempuran dari kerajaan Majapahit, hal ini menjadi noktah hitam bagi sejarah penaklukan Patih gajah Mada yang bersumpah untuk menaklukan Nusantara dibawah kekuasaan Majapahit.

Pada masa kejayaannya yaitu pada masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja Ratu Haji di Pakuan Padjadjaran Sri Sang Ratu Dewata Prabu Jayadewata Sang Pamanah Rasa, dikabarkan Padjadjaran memiliki prajurit tempur sebanyak seratus ribu (100.000) orang.

Dengan seribu (1000) orang di antaranya merupakan pasukan Elit Balamati yang khusus mengawal Raja dan seluruh penghuni istana pada waktu itu.

BACA JUGA:Bukti Majapahit Sebuah Kerajaan Besar, Mampu Kuasai 30 Wilayah Luas Ini, Temukan Faktanya Disini!

Mungkin kita masih ingat soal Amukti Palapa atau sumpah Mahapatih Gajah Mada yang berniat menyatukan seluruh wilayah nusantara di bawah naungan Majapahit.

Amukti Palapa Gajah Mada telah tercapai di mana seluruh wilayah nusantara berhasil dia satukan. Tapi ada satu wilayah yang gagal dia taklukan, yaitu Kerajaan Sunda-Galuh.

Strategi orang Sunda dulu dalam berperang, belumlah banyak dibahas, Naskah Sanghyang Siksakandang Karesian hanya menyebutkan nama-nama strategi perang yang diterapkan paling tidak sampai abad ke-16.

Dalam Sanghyang Siksakandang Karesian disebutkan, hanya panglima peranglah yang tahu 20 strategi ini. (Saleh Danasasmita, dkk., 1987).

BACA JUGA:Menelisik Sejarah Majapahit, Sang Pendekar Memiliki Kapal Perang Berukuran Raksasa

Seperti yang diceritakan dalam sejarah meskipun kerajaan Majapahit sangat kuat dan berkuasa serta memiliki Armda Laut dan pasukan yang kuat

Namun ada kerajaan kecil pulau Jawa yang sampai Majapahit Runtuh tidak bisa di taklukan.

Kerajaan ini tidaklah sekuat dan seterkenal kerajaan Majapahit yang mengusai lautan dan daratan di Nusantara.

Tapi kerajaan ini sanggup menahan gempuran pasukan Majapahit dan tidak bisa ditaklukan oleh kerajaan Besar ini.

BACA JUGA:Bikin Nagih, Inilah Ban Terbaik Indonesia, Nomor 3 Paling Laris!

Ini hasil rangkuman Mimin,  ikuti sampai habis cerita Mimin, Kerajaan Sunda atau Padjadjaranyang mampu menahan serangan kerajaan Majapahit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: