Bukti Majapahit Sebuah Kerajaan Besar, Mampu Kuasai 30 Wilayah Luas Ini, Temukan Faktanya Disini!

Bukti Majapahit Sebuah Kerajaan Besar, Mampu Kuasai 30 Wilayah Luas Ini, Temukan Faktanya Disini!

Bukti Majapahit Sebuah Kerajaan Besar, Mampu Kuasai 30 Wilayah Luas Ini, Temukan Faktanya Disini!-Kolase-Berbagai Sumber


--

Ini mungkin memiliki pengaruh yang terbatas atau sepenuhnya gagasan atas beberapa negara anak sungai termasuk Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan dan Indonesia bagian timur yang otoritasnya diklaim dalam Nagarakertagama.

Kendala geografis dan ekonomi menunjukkan bahwa alih-alih otoritas terpusat yang teratur, negara-negara bagian luar kemungkinan besar telah terhubung terutama oleh koneksi perdagangan, yang mungkin merupakan monopoli kerajaan.

Ia juga mengklaim hubungan dengan Champa, Kamboja, Siam, Burma selatan, dan Vietnam, dan bahkan mengirim misi ke Cina.

Meskipun penguasa Majapahit memperluas kekuasaan mereka atas pulau-pulau lain dan menghancurkan kerajaan-kerajaan tetangga.

BACA JUGA:Dengan Kekuatan Besar Militernya, Majapahit Pernah Menguasi 98 Kerajaan Besar, Simak Kisahnya!

Fokus mereka tampaknya telah menguasai dan mendapatkan bagian yang lebih besar dari perdagangan komersial yang melewati nusantara.

Sekitar waktu Majapahit didirikan, para pedagang dan pendakwah Muslim mulai memasuki wilayah tersebut.

Pada tahun 1377, beberapa tahun setelah kematian Gajah Mada, Majapahit mengirimkan serangan laut hukuman terhadap Palembang, berkontribusi pada berakhirnya kerajaan Sriwijaya.

Menurut kitab Nagarakertagama pupuh (canto) XIII dan XIV disebutkan beberapa negara bagian di Sumatera, Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, New Guinea, dan beberapa bagian pulau Filipina berada di bawah wilayah kekuasaan Majapahit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: