Bukti Majapahit Sebuah Kerajaan Besar, Mampu Kuasai 30 Wilayah Luas Ini, Temukan Faktanya Disini!

Bukti Majapahit Sebuah Kerajaan Besar, Mampu Kuasai 30 Wilayah Luas Ini, Temukan Faktanya Disini!

Bukti Majapahit Sebuah Kerajaan Besar, Mampu Kuasai 30 Wilayah Luas Ini, Temukan Faktanya Disini!-Kolase-Berbagai Sumber

Di bawah komando Gajah Mada (1313-1364 M), Majapahit menaklukkan lebih banyak wilayah.

Pada tahun 1377, beberapa tahun setelah kematian Gajah Mada, Majapahit mengirimkan serangan laut hukuman terhadap Palembang, berkontribusi pada berakhirnya kerajaan Sriwijaya.

Menurut kitab Nagarakertagama pupuh (canto) XIII dan XIV disebutkan beberapa negara bagian di Sumatera, Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, New Guinea, dan beberapa bagian pulau Filipina berada di bawah wilayah kekuasaan Majapahit.

BACA JUGA:5 Daftar Kerajaan Terbesar di Nusantara, Ini Fakta Kekuasaan Hingga Keruntuhannya, Simak Ya!

Menurut Nagarakertagama pertempuran Manila antara Kerajaan Luzons dan Kerajaan Majapahit, terjadi untuk merebut wilayah itu.

Sumber ini menyebutkan ekspansi Majapahit menandai perluasan terbesar kerajaan Majapahit. 

Selurong/Luzon berada di bawah kekuasaan Majapahit sampai orang Brunei datang menurut Negarakertagama.

Menurut Legenda hal itu karena perkawinan Sasaban dengan salah satu Kaisar Majapahit awal, Visayas dihuni oleh bangsawan dari Sriwijaya dan Chola.

BACA JUGA:Selain Terkenal Dengan Sejarah Kerajaan Sriwijaya, Ternyata Sumatera Selatan Miliki 5 Suku Ini!

Nagarakertagama, yang ditulis pada tahun 1365, juga menggambarkan istana yang canggih dengan cita rasa seni dan sastra yang halus, dan sistem ritual keagamaan yang kompleks.

Penulisnya menggambarkan Majapahit sebagai pusat mandala besar membentang dari New Guinea dan Maluku ke Sumatera dan Semenanjung Melayu.

Tradisi lokal di banyak bagian Indonesia menyimpan catatan yang kurang lebih legendaris dari kekuasaan Majapahit abad ke-14.

Pemerintahan langsung Majapahit tidak melampaui Jawa Timur dan Bali, tetapi tantangan terhadap klaim Majapahit atas kekuasaan di pulau-pulau terluar mendapat tanggapan yang kuat.

BACA JUGA:Bangsa Indonesia Patut Bangga, 5 Kerajaan Terbesar Nusantara ini Terkenal di Seluruh Dunia, Simak Daftarnya!

Sifat kerajaan Majapahit dan luasnya masih menjadi perdebatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: