Selain Terkenal Dengan Sejarah Kerajaan Sriwijaya, Ternyata Sumatera Selatan Miliki 5 Suku Ini!

Selain Terkenal Dengan Sejarah Kerajaan Sriwijaya, Ternyata Sumatera Selatan Miliki 5 Suku Ini!

Selain Terkenal Dengan Sejarah Kerajaan Sriwijaya, Ternyata Sumatera Selatan Miliki Suku yang berasal dari keturunan China -Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia dengan julukannya sebagai 'negara seribu kepulauan' memang memiliki beragam jenis suku, bahasa, tradisi, dan agama. Dengan keberagaman tersebut Indonesia memiliki lebih dari 1.340 suku yang tersebah disetiap daerah.

Salahsatunya adalah, suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Tercatat, di Sumsel ada 12 suku besar yang sudah banyak dikenal, belum lagi dengan suku-suku yang belum banyak diketahui orang.

Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad yang lalu dikenal juga dengan sebutan Bumi Sriwijaya, pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi wilayah ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara.

Gaung dan pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika. Sejak abad ke-13 sampai abad ke-14, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Majapahit.

BACA JUGA:5 Daftar Suku di Sulawesi Utara, Nomor 4 Merupakan Sebuah Kerajaan!

Selanjutnya wilayah ini pernah menjadi daerah tak bertuan dan bersarangnya bajak laut dari Mancanegara terutama dari negeri china Pada awal abad ke-15 berdirilah Kesultanan Palembang yang berkuasa sampai datangnya Kolonialisme Barat, lalu disusul oleh Jepang.

Ketika masih berjaya, kerajaan Sriwijaya juga menjadikan Palembang sebagai Kota Kerajaan.

Kalian ingin tahu suku apa saja yang ada di Sumsel?. Nah berikut ini kami sajikan beberapa suku yang ada di Sumsel, Simak ya!

1. Suku Pasemah


--

Suku Pasemah adalah suku yang mendiami wilayah kabupaten Empat Lawang, kabupaten Lahat, Ogan Komering Ulu, dan di sekitar kawasan gunung berapi yang masih aktif, gunung Dempo Kota Pagar Alam. 

BACA JUGA:KEREN! Nih 5 Daftar Suku di Papua, Jangan Main-Main Dengan Suku Satu Ini

Suku bangsa ini juga banyak yang merantau ke daerah-daerah di provinsi Bengkulu.

Menurut sejarah, suku ini berasal dari keturunan Raja Darmawijaya (Majapahit) yang menyeberang ke Palembang (pulau Perca). Suku ini banyak yang tersebar di pegunungan Bukit Barisan, khususnya di lereng-lerengnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: