Kisah JUNG Si Kapal Perang Majapahit Yang Melegenda, Mengangkut 1000 Pasukan Untuk Berperang!

Kisah JUNG Si Kapal Perang Majapahit Yang Melegenda, Mengangkut 1000 Pasukan Untuk Berperang!

Kisah JUNG Si Kapal Perang Majapahit Yang Melegenda, Mengangkut 1000 Pasukan Untuk Berperang!-foto : ist-Grid.id

PAGARALAMPOS.COM - Kisah Kapal Jung yang merupakan Armada Militer majapahit yang masuk dalam sejarah, majapahit tercatat sebagai salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di nusantara.

Menurut catatan Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya pada sekitar abad ke-12 Masehi di Jawa Timur, dan mencapai puncak keemasan saat masa kepemimpinan Raja Hayam Wuruk pada tahun 1350 hingga 1389.

Saat masa keemasannya, wilayah Majapahit mencapai Semenanjung Melayu dan Tumasik (Singapura).

Fakta mengejutkan yaitu berdasarkan riwayat dari kitab Negarakretagama, pada awalnya wilayah Majapahit hanya merupakan sebuah desa kecil bernama Tarik, tempat yang kini menjadi bagian kawasan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

BACA JUGA:Memiliki Kekuatan Militer Besar, Ternyata Majapahit Punya Kapal Yang Mampu Memuat 1.000 Awak, Ini Faktanya!

Ekspansi awalnya pun hanya mencapai wilayah-wilayah bekas Kerajaan Singhasari. Namun, berkat kekuatan yang dibangun oleh Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada, kerajaan Majapahit meluas pengaruhnya.rah

Sartono menulis, kekuasaan Majapahit tidak hanya terbatas dari segi luas wilayah, tapi juga pengaruh ajaran Hindu yang semakin besar pula.

Dalam Negarakertagama, seperti dikutip dari buku Dinamika Islam Filipina, Burma, dan Thailand karya Choirul Fuad Yusuf (2013), disebutkan ada tidak kurang dari 98 kerajaan yang bernaung di bawah kuasa Majapahit pada era pemerintahan Hayam Wuruk bersama Gajah Mada.

Pengaruh Majapahit bahkan sampai ke negeri-negeri seberang, dari Semenanjung Malaya (saat ini wilayah Malaysia dan Brunei), Tumasik (Singapura), hingga sebagian Thailand dan Filipina.

BACA JUGA:Inilah 5 Suku Di Sulawesi Utara, Salah Satunya Merupakan Keluarga Kerajaan!

Pada masa kejayaannya, angkatan laut Majapahit dikisahkan begitu digdaya sehingga kerajaan ini disebut sebagai Talasokrasi atau Kemaharajaan Bahari.

Kekuatan militer memang jadi modal penting bagi Majapahit untuk memperluas pengaruh kekuasaannya.

Pada Zaman Kerajaan di Nusantara, salah satu Kerajaan yang sangat terkenal dan menjadi pengusa yakni Kerajaan Majapahit.

Kerajaan Majapahit tidak hanya dikenal di Tanah Jawa tapi juga diseantero Dunia pada zamannya, hal ini dibuktikan dengan banyaknya catatan sejarah yang ditemukan di buku-buku sejarawan dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: