Bener agak Sih Stres Bisa Datangkan Menstruasi Lebih Cepat? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Bener agak Sih Stres Bisa Datangkan Menstruasi Lebih Cepat? Yuk Simak Penjelasannya Disini

PAGARALAMPOS.COM - Haid datang lebih awal sama menegangkannya dengan datangnya terlambat dua atau tiga hari. Meskipun pada awalnya Anda mungkin merasa kewalahan mencoba mencari tahu mengapa ini bisa terjadi, hal ini mungkin sesederhana menilai jumlah stres yang Anda alami.

Stres fisik ataupun psikis sebaiknya memang tidak diremehkan. Karena salah satu dampak yang ditimbulkan, utamanya pada perempuan, adalah pada menstruasi. Stres bisa membuat menstruasi terjadi lebih panjang dari biasanya.

Periode menstruasi bisa menjadi hal yang membuat gelisah. Ya, sering kali haid yang tak kunjung datang membuat khawatir banyak perempuan.

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi seorang perempuan. Mulai dari stres, konsumsi obat-obatan tertentu, kehamilan, hingga masalah reproduksi lainnya.

BACA JUGA:Mampukah Daun Sirih Hentikan Haid? Yuk Coba 3 Cara ini

Stres Menyebabkan Menstruasi Lebih Cepat 

Kamu mungkin pernah mendengar informasi bahwa stres bisa menyebabkan wanita terlambat haid. Namun, hal ini ternyata juga bisa menyebabkan kondisi sebaliknya.Stres yang tidak dikelola dengan baik juga bisa menjadi penyebab menstruasi terjadi sebelum waktunya. Apa penyebabnya? 

Saat stres terjadi, tubuh mengalami gangguan atau ketidakseimbangan. Hal inilah yang bertanggung jawab terhadap berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh, termasuk siklus menstruasiSecara khusus, stres bisa menyebabkan peningkatan hormon kortisol dan menyebabkan ketidakseimbangan.Hormon ini bisa memengaruhi fungsi ovarium dan membuat periode menstruasi menjadi lebih pendek. 

Semakin tinggi tingkat stres, semakin banyak pula kadar hormon kortisol yang diproduksi oleh tubuh. Hal ini berarti bahwa risiko terjadinya gangguan pada siklus menstruasi akan semakin tinggi. Selain karena stres, menstruasi yang terjadi lebih cepat juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti aktivitas fisik, berat badan yang turun secara drastis, serta efek mengonsumsi obat-obatan tertentu. 

Apakah Penyebabnya Hanya Stres? 

Stres memang bisa menjadi penyebab menstruasi terjadi lebih cepat. Namun, bukan berarti hal ini merupakan satu-satunya penyebab. Faktanya, ada sejumlah faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan siklus menstruasi. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat, olahraga, serta pola tidur yang buruk juga bisa menjadi penyebabnya. 

Bagaimana cara mengetahui apakah gangguan menstruasi disebabkan oleh stres atau bukan? Bisa dilakukan dengan mengingat ulang pola hidup yang diterapkan. Apakah kamu belakangan ini mengalami stres yang sangat berat? Apakah pola makan, tidur, dan olahraga cukup terjaga dan menjadi prioritas? Jika tidak ada yang berubah dari gaya hidup, tetapi kamu mengakui mengalami stres berat, maka itu jawabannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: