Mampukah Daun Sirih Hentikan Haid? Yuk Coba 3 Cara ini

Mampukah Daun Sirih Hentikan Haid? Yuk Coba 3 Cara ini

Mampukah Daun Sirih Hentikan Haid? Yuk Coba 3 Cara ini-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Daun sirih memiliki beragam manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk antiseptik, masih banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari daun sirih.

Sirih sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. 

Tanaman herbal ini memang populer di Tanah Air. Manfaat daun sirih juga juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh, seperti obat untuk diabetes, asam urat dan berbagai penyakit lainnya jika di konsumsi. 

Mskipun daun sirih memiliki segudang manfaat, akan selalu ada efek sampingnya jika digunakan dengan kurang tepat. Berikut penjelasan tentang manfaat daun sirih yang tidak banyak diketahui. 

BACA JUGA:Normalkah Darah Haid Menggumpal? Yuk Simak 6 Penyebabnya Disini

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan:

1. Membuat Minuman Daun Sirih

Anda bisa membuat minuman daun sirih dengan cara merebus beberapa lembar daun sirih dalam air selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, biarkan uap airnya menghilang dan saring air rebusannya. 

Minum air rebusan daun sirih tersebut 2-3 kali dalam sehari. Untukhasil yang lebih baik, minumlah selama satu minggu sebelum haid. Hal ini bertujuan untuk membantu meredakan menstruasi.

2. Mengkonsumsi Daun Sirih Segar

Anda juga bisa mengkonsumsi daun sirih segar dengan cara mengunyahnya secara langsung. Biasanya, efek penghentian haid akan terasa dalam waktu 1-2 hari setelah mengunyah daun sirih tersebut. 

BACA JUGA:Minum Es Saat Haid Boleh Nggak? Yuk Cek Ini Penjelasanya

Namun, penggunaan daun sirih segar ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan tidak berlebihan, karena bisa menyebabkan iritasi pada mulut dan bibir.

3. Menggunakan Kaplet Daun Sirih

Jika Anda tidak ingin mengunyah daun sirih secara langsung, maka Anda bisa menggunakan kaplet daun sirih. Kaplet daun sirih bisa ditemukan di apotek atau toko obat herbal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: