Inilah Sederet 5 Rekomendasi Obat Keputihan Sesuai dengan Penyebabnya

Inilah Sederet  5 Rekomendasi Obat Keputihan Sesuai dengan Penyebabnya

Inilah Sederet 5 Rekomendasi Obat Keputihan Sesuai dengan Penyebabnya-Foto: net-

Jamur Candida albicans hidup di permukaan kulit vagina. Bila pertumbuhannya tidak terkendali, infeksi jamur vagina bisa terjadi.

BACA JUGA:Darah Haid Cuma Sedikit? Ini Dia 5 Penyebabnya

Kondisi ini menyebabkan gatal, nyeri, dan pembengkakan pada vagina, disertai cairan vagina berwarna putih susu yang tebal.

Untuk mengatasi keputihan yang gatal namun tidak berbau ini, kamu bisa menggunakan obat krim, salep, atau tablet minum  di apotek, seperti:

Miconazole, terconazole, clotrimazole, atau butoconazole yang digunakan dalam jangka waktu 3-7 hari

Fluconazole digunakan selama 3 hari untuk kasus yang parah

BACA JUGA:Siklus Haid Tidak Teratur? Ternyata ini 5 Penyebabnya

5. Obat Keputihan Akibat Trikomoniasis

Trikomoniasis disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis yang berpindah melalui aktivitas seksual baik vaginal, oral, dan anal. Parasit menginfeksi saluran kelamin bagian bawah, meliputi vulva, vagina, leher rahim, dan uretra.

Pada wanita yang terkena trikomoniasis, keputihan bisa berwarna putih susu, abu-abu, kuning kehijauan yang berbau busuk. Gejalanya ini diikuti dengan sakit perut bawah dan nyeri sekaligus terbakar saat buang air kecil atau berhubungan seks.

Untuk kasus ini, obat keputihan yang direkomendasikan adalah antibiotik metronidazole atau tinidazole berbentuk pil dalam dosis tunggal.

Deretan obat keputihan di atas harus didapatkan dengan resep dokter. Agar ampuh mengatasi keputihan, kamu harus mengikuti pengobatan hingga tuntas dan minum obat sesuai dengan aturan dokter.

Jika kamu mengeluhkan keputihan yang mengganggu, jangan ragu untuk periksa ke dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: