Mengulik Sejarah dan Keunikan Suku Baduy yang Milliki Kehidupan Tentram

Mengulik Sejarah dan Keunikan Suku Baduy yang Milliki Kehidupan Tentram

Mengulik Sejarah dan Keunikan Suku Baduy yang Milliki Kehidupan Tentram -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Banyak sekali suku bangsa yang menambah keberagaman yang ada di Indonesia, salah satunya adalah suku Baduy.

Suku Baduy merupakan masyarakat adat yang tinggal di Pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Nama Baduy merupakan sebutan yang diberikan  kepada kelompok masyarakat ini oleh pihak luar.

Gagasan pertama munculnya nama Baduy berasal dari  peneliti Belanda yang menganggapnya mirip dengan kelompok Arab Badawi di Timur Tengah, masyarakat nomaden.

BACA JUGA:Tradisi Perkawinan Sedarah Firaun, Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Wisata Situbondo, 11 Tempat Wisata Alam dan Sejarah yang Memukau

Sejarah Suku Baduy

Suku Baduy Dalam berasal dari Batara Cikal, yaitu salah satu dari tujuh dewa yang diturunkan ke bumi. Batara Cikal sendiri memiliki peran untuk mengatur keseimbangan yang ada di bumi. 

Versi tersebut mirip dengan cerita diturunkannya Nabi Adam ke bumi. Suku Baduy pun percaya bahwa mereka adalah keturunan Nabi Adam. 

Adapun para ahli sejarah memiliki pendapat sendiri berdasar pada temuan prasasti sejarah, catatan para pelaut dari Portugis dan Tiongkok yang dihubungkan dengan cerita rakyat tentang Tatar Sunda.

Pada versi yang diungkap ahli sejarah, masyarakat baduy (kanekes) memiliki kaitan dengan Kerajaan Pajajaran pada sekitar di abad ke-16 di mana kesultanan Banten belum berdiri. 

BACA JUGA:Jelajahi petualangan seru di Situbondo melalui 11 destinasi wisata alam dan bangunan bersejarah

BACA JUGA:Penemuan Mencengangkan, Fakta Artefak Bersejarah dan Kerangka Manusia dari Kapal Perang Kuno

Dengan wilayah yang strategis, Pangeran Pucuk memerintahkan pasukan prajurit pilihan untuk menjaga kelestarian Gunung Kendeng-Sungai Ciujung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: