Jangan Main-main! 5 Suku di Papua Ini Memiliki Adat dan Budaya Yang Beda Dari Yang Lain

Jangan Main-main! 5 Suku di Papua Ini Memiliki Adat dan Budaya Yang Beda Dari Yang Lain

Jangan Main-main! 5 Suku di Papua Ini Memiliki Adat dan Budaya Yang Beda Dari Yang Lain-tangkapan layar-Berita Papua

PAGARALAMPOS.COM - Banyaknya Aneka Ragam Suku dan budaya menjadikan Papua salah satu pulau andalan yang terletak di ujung timur Indonesia. 

Dulunya Wilayah ini disebut dengan nama Irian Barat, di mana Irian adalah sebuah akronim dari Ikut Republik Indonesia Anti Netherland. 

Nama ini mengalami Penggantian menjadi Papua ditetapkan di dalam Undang-undang No. 21 Tahun 2001 mengenai Otonomi Khusus Papua.

Kata Papua ini berasal dari bahasa Melayu yang memiliki arti rambut keriting, sesuai dengan gambaran fisik orang-orang dari suku-suku Papua

BACA JUGA:Ternyata Inilah Suku-suku Yang Tertua di Papua Barat, Nomor 3 Paling Mendominasi!

Mengutip dari buku Ayo Mengenal Indonesia: Papua 1 yang ditulis oleh Widyawati, secara astronomis, Papua terletak di antara 01-10.45 Lintang Selatan (LS) dan 139.30-141.10 Bujur Timur (BT). Letak geografisnya adalah sebagai berikut.

Sebagai salah satu provinsi yang paling luas di Indonesia, Papua menyimpan banyak sekali kekayaan yang sangat luar biasa dari segi alam dan juga budaya. 

Kawasan hutan Papua ini sebagian besar masih perawan dan belum pernah dijamah oleh manusia.

Sementara itu, kekayaan budaya Papua bisa lihat dari suku asli yang mendiami provinsi ini. Suku asli Papua ini berjumlah ratusan dan setiap suku mempunyai adat istiadat serta tradisinya sendiri. 

BACA JUGA:Kece Abis! Ini Dia Square Bob Style dengan 6 Style Rambut Pendek Wanita Kekinian Lainnya

Bahkan, di dalam satu suku juga mempunyai bahasanya sendiri. Papua memiliki pesona alam yang sudah tidak diragukan lagi.

Beberapa tahun terakhir, Papua sudah mulai berkembang sebagai salah satu tujuan wisata yang cukup populer di Indonesia.

Salah satunya yaitu Raja Ampat yang menjadi tujuan wisata favorit wisatawan lokal ataupun mancanegara. 

Turis mancanegara ataupun lokal juga sangat tertarik dengan kehidupan suku Papua. Karena beberapa suku Papua masih hidup secara primitif dengan menganut adat istiadat yang telah diwariskan oleh para leluhur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: