Datang Hingga Membentuk Komunitas, Ternyata Ini Alasan Suku Tionghoa Datang ke Sumatera Selatan!

Datang Hingga Membentuk Komunitas, Ternyata Ini Alasan Suku Tionghoa Datang ke Sumatera Selatan!

Datang Hingga Membentuk Komunitas, Ternyata Ini Alasan Suku Tionghoa Datang ke Sumatera Selatan!-Kolase-Berbagai Sumber

Jumlah populasi Tionghoa di Indonesia Menurut Goodstats.id, ada 7.670.000 diaspora China di Indonesia. Nomor dua terbanyak setelah Thailand yaitu 9.300.000.

Sebaran orang China yang dimaksud adalah "Diaspora China” atau Orang China perantauan, yakni orang-orang dengan keturunan China yang menetap di luar China. 

BACA JUGA:Menguak Misteri 4 Makam Misterius di Puncak Gunung Salak, Ternyata Ini 4 Nama Makam Tersebut

Istilah ini berlaku bagi orang-orang yang lahir di China dan berdarah China yang menjadi warga negara tetap atau menetap sementara di negara asing.

Thailand dan Indonesia menjadi negara dengan diaspora China terbanyak, masing-masing mencatat angka 9,3 juta dan 7,6 juta jiwa. 

Sebagian besar diaspora China tersebar di kawasan Asia Tenggara. Catatan sejarah juga merekam gelombang besar kedatangan Tionghoa dari abad ke-18 hingga abad ke-20.

Pada masa kolonial Belanda, banyak orang Tionghoa yang datang sebagai buruh perkebunan atau pekerja tambang timah. 

BACA JUGA:Pajajaran Hancur Ditangan Kesultanan Banten! Kok Bisa? Majapahit Saja Gagal! Begini Ceritanya!

Migrasi ini mencapai puncaknya pada perempat awal tahun 1900-an, dengan masuknya sekitar setengah juta etnis TiTionghoa ke Hindia-Belanda. 

Dalam gelombang migrasi tersebut, terjadi pula proses peleburan dan kawin campur.

Demograf M. Sairi Hasbullah menyebutkan bahwa migran Tionghoa di awal abad ke-20 sangat didominasi oleh laki-laki yang menjadi pekerja migran.

Berdasarkan sensus Hindia-Belanda tahun 1930, rasio jenis kelamin penduduk Tionghoa adalah 155 laki-laki berbanding 100 perempuan.

BACA JUGA:Mitos Makam di Gunung Salak, Ternyata Berjejer 4 Makam Orang Sakti!

Suku bangsa terbesar kelima belas di Indonesia Dari hasil sensus 2000, tercatat bahwa orang Tionghoa merupakan suku bangsa terbesar kelima belas di Indonesia.

Terdapat 1.738.936 penduduk yang mengaku sebagai orang Tionghoa, yang mencakup 0,86 persen dari seluruh penduduk Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: