Hindari Kopi Saat Haid! Ini 5 Alasannya

Hindari Kopi Saat Haid! Ini 5 Alasannya

Alasan Kamu Harus Kurangi Konsumsi Kopi Saat Haid-Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Kafein pada kopi memang bisa meningkatkan energi bagi tubuh yang lemas. Namun, di sisi lain ada beberapa efek minum kopi saat haid yang mungkin muncul, seperti:. 

1. Asam Lambung Meningkat

Selain nyeri perut bawah, sebagian wanita juga mengalami kembung atau begah saat haid. Hal itu bukan disebabkan oleh kebanyakan makan, tetapi akibat perubahan hormonal.

Keluhan itu mungkin akan semakin berat jika kamu masih minum kopi saat menstruasi. Kopi memiliki sifat asam, sehingga akan mudah sekali meningkatkan asam lambung. Alhasil, kamu pun akan merasakan nyeri di ulu hati, rasa panas, atau bahkan sampaimual dan muntah. 

2. Menambah Rasa Cemas

Lagi-lagi karena perubahan hormonal, kondisi emosional wanita yang hendak dan sedang haid berubah tak stabil. Kaum hawa bisa mendadak cemas berlebih, sensitif, mudah menangis, bahkan marah-marah karena suatu hal kecil.

BACA JUGA:Waduuh, Demi Belanja Sembako WNA Melintas Ilegal, Lalu Diciduk Satgas Pamtas

Kebanyakan minum kopi saat haid pada akhirnya akan meningkatkan rasa cemas itu dan membuat jantung berdebar lebih cepat. 

Kondisi dada kiri yang tidak nyaman tentu dapat menambah beban pikiran. Tak menutup kemungkinan kamu jadi berpikir sedang punya masalah jantung, padahal itu karena efek kopi yang diminum.

3. Memicu Sulit Tidur

Kafein adalah zat stimulan yang membantu untuk fokus dan terjaga. Jika kamu mengonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak saat haid, waktu tidur akan terganggu dan memperburuk keluhan. 

Padahal, salah satu cara mengatasi nyeri haid adalah beristirahat cukup. Gara-gara terlalu banyak konsumsi kafein, tubuh akan mudah lelah karena jam tidur terganggu.

BACA JUGA:Makin PD! Pilihlah Square Bob Style Dengan 6 Style Rambut Pendek Wanita Kekinian Lainnya Ini

4. Dehidrasi

Bahaya kopi bagi wanita haid yang juga harus diwaspadai adalah kekurangan cairan. Kafein pada kopi bersifat sebagai diuretik alami. Artinya, kamu bisa buang air kecil lebih sering dibandingkan biasanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: