Ini Nih 6 Tips Gerakan Olahraga untuk Cegah Nyeri Sendi

Ini Nih 6 Tips Gerakan Olahraga untuk Cegah Nyeri Sendi

Ini Nih 6 Tips Gerakan Olahraga untuk Cegah Nyeri Sendi -Foto: ist-

Latihan beban kaki tidak harus dilakukan di pusat kebugaran menggunakan alat. Kamu tetap bisa melakukannya dengan gerakan sederhana dengan melihat dari aplikasi atau video di internet.

3. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat bermanfaat untuk pengidap gangguan sendi. Dengan melakukan yoga, kamu bisa relaksasi dan meregangkan otot-ototmu, khususnya otot paha serta kaki.

BACA JUGA:Yuk Mengenal 6 Manfaat Buah Matoa yang Bagus untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

Selain untuk melatih kekuatan otot, olahraga ini bisa melatih sendi kamu agar lebih fleksibel dan tidak kaku, sehingga mencegah nyeri sendi.

4. Tai Chi

Olahraga bela diri yang berasal dari Tiongkok ini mengajarkan meditasi dan gerakan otot sendi dengan intensitas ringan.

Tujuan tai chi adalah untuk meminimalkan rasa nyeri, meningkatkan keseimbangan, dan baik untuk otot tubuh. Luangkan waktu 20-40 menit setiap harinya untuk olahraga tai chi, agar manfaatnya lebih maksimal.

5. Jalan Kaki

Olahraga yang bisa kamu coba untuk mencegah nyeri sendi kambuh adalah jalan kaki rutin. American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk jalan kaki 3-5 kali seminggu selama 30 menit.

Namun, hindari melakukannya jika kamu merasakan nyeri berlebih pada lutut. Hal ini karena intensitas yang lebih tinggi atau bahkan olahraga lari malah akan membebani kerja sendi.

BACA JUGA:Waspada! ini Dia 5 Bahaya Makan Seafood Bagi Kesehatan Tubuh

6. Berenang

Olahraga berenang cocok bagi kamu yang punya masalah nyeri sendi. Olahraga ini tidak membebani sendi, tapi tetap bisa melatih kekuatan dan peregangan otot-otot kamu. 

Agar tidak nyeri sendi di kemudian hari, kamu bisa coba berjalan atau sekadar duduk dan menggerak-gerakan kaki di dalam kolam. Gerakan ringan tersebut dapat membuat sendi kamu aktif dan melancarkan cairan pelumas sendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: