Ini Nih 6 Tips Gerakan Olahraga untuk Cegah Nyeri Sendi

Ini Nih 6 Tips Gerakan Olahraga untuk Cegah Nyeri Sendi

Ini Nih 6 Tips Gerakan Olahraga untuk Cegah Nyeri Sendi -Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Olahraga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ternyata, Olahraga juga dianjurkan bagi pengidap nyeri sendi. 

Jenis olahraga tentunya harus disesuaikan dengan kondisi pengidap. Hindari melakukan olahraga berlebihan karena malah akan mencederai sendi. 

Cukup melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas sendi guna mengurangi rasa nyeri.

Kebanyakan orang berpikir bahwa olahraga bisa memperburuk kondisi nyeri. Padahal, kurangnya aktivitas fisik justru melemahkan otot dan meningkatkan tekanan pada sendi. 

Itu sebabnya olahraga penting untuk menjaga otot dan jaringan di sekitarnya tetap kuat. Nah, berikut jenis olahraga yang aman dilakukan untuk pengidap nyeri sendi.

BACA JUGA:Yuk Simak 7 Manfaat Selada untuk Kesehatan

Berikut ini adalah olahraga untuk mencegah nyeri sendi kambuh di kemudian hari.

1. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang cocok untuk mencegah nyeri sendi kambuh. Saat bersepeda, kaki kamu mengayuh sepeda sehingga sendi lutut menjadi aktif bergerak.

Selain itu, bersepeda bagus sebagai olahraga untuk sendi karena memperkuat dan meregangkan otot sekitar sendi.

Sebenarnya bersepeda yang disarankan adalah menggunakan sepeda statis karena bebannya bisa diatur. Meskipun begitu, sepeda biasa juga tetap direkomendasikan, tapi jarak dan permukaan jalannya perlu diperhatikan agar intensitasnya tidak terlalu berat.

BACA JUGA:5 Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

2. Latihan Beban Kaki

Meski terdengar berat, sebenarnya latihan beban kaki adalah bagian penting dari olahraga untuk kamu yang punya masalah sendi. Latihan beban kaki dapat melatih kekuatan otot sendi agar tetap stabil dan melancarkan pelumas dalam sendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: