Tidak Cuma di Sumsel, Ternyata Begini Sosok Si Pahit Lidah Menurut Suku Serawai!

Tidak Cuma di Sumsel, Ternyata Begini Sosok Si Pahit Lidah Menurut Suku Serawai!

Tidak Cuma di Sumsel, Ternyata Begini Sosok Si Pahit Lidah Menurut Suku Serawai!--

PAGARALAMPOS.COM – Kisah ini menceritakan tentang seorang Pangeran dari daerah Sumidang yang bernama Pangeran Serunting. 

Sebagaimana diketahui, si pahit lidah sendiri merupakan julukan bagi orang yang punya 'kekuatan di lidah'.

Versi dari Suku Serawai ( Semidang Alas Bengkulu Selatan )

Berdasarkan cerira tutur, Suku Serawai berasal dari leluhur yang bernama Serunting Sakti bergelar Si Pahit Lidah. Asal-usul Serunting Sakti sendiri masih gelap.

Sebagian orang mengatakan bahwa Serunting Sakti berasal dari suatu daerah di Jazirah Arab yang datang ke Bengkulu melalui Kerajaan Majapahit.

BACA JUGA:6 Style Rambut Pendek Wanita tren 2023, Asymmetrical Bob Hair Cut Populer Dikalangan Polwan

Asal-usul suku Serawai masih belum bisa dirumuskan secara ilmiah, baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk-bentuk publikasi lainnya. Asal-usul suku Serawai hanya diperoleh dari uraian atau cerita dari orang-orang tua.

Sudah tentu sejarah tutur seperti ini sangat sukar menghindar dari masuknya unsur-unsur legenda atau dongeng sehingga sulit untuk membedakan dengan yang bernilai sejarah.

Ada satu tulisan yang ditemukan di makam Leluhur Semidang Empat Dusun yang terletak di Maras, Talo.

Tulisan tersebut ditulis di atas kulit kayu dengan menggunakan huruf yang menyerupai huruf Arab kuno. Namun sayang sekali sampai saat ini belum ada di antara para ahli yang dapat membacanya.

BACA JUGA:Tampil Boyis Dengan Pixie Cut?, Nih 6 Gaya Rambut Yang Sedang Trending di 2023 Ini

Berdasarkan cerita para orang tua, suku bangsa Serawai berasal dari leluhur yang bernama Serunting Sakti bergelar Si Pahit Lidah.

Asal-usul Serunting Sakti sendiri masih gelap, sebagian orang mengatakan bahwa Serunting Sakti berasal dari suatu daerah di Jazirah Arab, yang datang ke Bengkulu melalui kerajaan Majapahit.

Di Majapahit, Serunting Sakti meminta sebuah daerah untuk didiaminya, dan oleh Raja Majapahit dia diperintahkan untuk memimpin di daerah Bengkulu Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: