Banyak Tidak Diketahui, Ada Pejuang Musuh Membelot Demi Memerdekan Indonesia

Banyak Tidak Diketahui, Ada Pejuang Musuh Membelot Demi Memerdekan Indonesia

Foto : Pejuang asing yang membela perjuangan Indonesia untuk merdeka..--Google.com

 

PAGARALAMPOS.COM - Pejuang yang berperan ketika perang kemerdekaan Indonesia (1945-1949) ternyata bukan hanya berasal dari penduduk pribumi Indonesia saja, namun juga ada Pejuang asing yang turut serta membantu.

Para pejuang datang dari berbagai latar belakang bangsa dan negara bergabung dengan gerakan pembebasan Indonesia karena memiliki kepedulian hati nurani.

Pada mulanya pejuang asing sebagian besar bergabung ke dalam pasukan musuh. Namun, karena adanya bisikan empati dari hati nurani.

Sehingga mereka menjadi ragu atas apa yang sedang mereka jalani, yaitu melawan bangsa yang ingin bebas dan merdeka. 

Saat rasa berdosa yang kian kuat, membuat mereka justru menjadi pembelot dan akhirnya bergabung dengan organisasi pembebasan tanah air Indonesia.

Sejarah mencatat alasan mereka melakukan pembelotan dari perintah negaranya sendiri adalah karena hak asasi manusia.

Siapa saja pejuang asing yang membantu Indonesia itu? Berikut pejuang asing dari Jepang, Belanda, India, Jerman, Korea dan Inggris yang akhirnya menjadi gerilyawan untuk bangsa Indonesia.

1. John Edward

John Edward merupakan seorang letnan berkebangsaan Inggris dari Batalyon 6 South Wales Border Brigade 4 pimpinan Brigjen TED Kelly.

Dia melakukan pembelotan  ke Republik dengan bergabung dengan Batalyon B pada tahun 1948 pimpinan Kapten Nip Xarim.

Selain berperan sebagai pejuang asing, John juga menjadi penyiar bahasa Inggris Radio Rimba Raya di Aceh. Terkadang dia juga menjadi ajudan Komandan Divisi X Kolonel Husein Yusuf.

Pangkatnya naik menjadi kapten pada beberapa waktu kemudian. Selanjutnya oleh pihak gerilyawan Indonesia wilayah Sumatera, dia dikenal sebagai Kapten Abdullah Inggris.

2. Shigeru Ono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: