Mengenal 6 Adat yang Unik dan Terkenal di Lampung

Mengenal 6 Adat yang Unik dan Terkenal di Lampung

Mengenal 6 Adat yang Unik dan Terkenal di Lampung--

PAGARALAMPOS.COM - Anda pernah mendengar tentang tempoyang, gulai taboh, atau seruit? 

Beragam kuliner tersebut berasal dari provinsi yang letaknya paling selatan Pulau Sumatra, yaitu Lampung

Indonesia memang dikenal dengan kekayaan warisan budaya dan kuliner, termasuk di Lampung.

Provinsi dengan ibu kota Bandar Lampung ini menjadi gerbang Sumatra untuk Pulau Jawa. Lampung tidak kalah eloknya dengan wilayah-wilayah lain di Indonesia.

BACA JUGA:Kibok Sasaran Lokasi Intensifikasi Tanaman Kopi Arabika Kementan

Selain keragaman kuliner, budaya dan seni yang dimiliki provinsi ini pun unik dan memperkaya kebudayaan bangsa. Ingin tahu adat atau tradisi unik dan populer di Lampung? Berikut enam adat unik yang terkenal di Lampung.

1. Tayuhan

Perayaan adat yang satu ini diadakan oleh keluarga besar dalam rangka pernikahan, khitan, pembangunan rumah, maupun perayaan kesuksesan panen. Peralatan yang dibutuhkan saat tayuhan di antaranya seperti tandang bulung, kecambai, nyani buwak, begulai, nyekhallai siwok, dan khambak bebukha.

Penggunaan alat-alat ini akan disesuaikan dengan gelar adat. Selain itu, pihak kerabat juga memberikan bantuan seperti berbagai bahan makanan mentah atau makanan yang sudah siap saji.

BACA JUGA:Kirim Barang Palembang - Jakarta dengan Aman? Klik Logistik Solusinya

2. Balimau

Tradisi ini sebenarnya berasal dari Minangkabau, namun juga dilakukan oleh masyarakat di Lampung. Jelang Ramadan, masyarakat akan melakukan ritual balimau atau mandi dengan jeruk nipis.

Selain jeruk nipis, bahan-bahan lain seperti bunga kenanga, daun pandan, dan akar gambelu juga ditambahkan. Bagi masyarakat lokal, ritual ini menjadi wujud pembersihan jiwa dan raga sebelum memasuki bulan Ramadan.

3. Gawi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: