4 Gunung yang Terkenal Dengan Tanah Subur, Bukti Kekayaan Alam Indonesia

4 Gunung yang Terkenal Dengan Tanah Subur, Bukti Kekayaan Alam Indonesia

4 Gunung yang Terkenal Dengan Tanah Subur, Bukti Kekayaan Alam Indonesia--Instagram

Lahan-lahan di sekitar Gunung Merapi dimanfaatkan oleh petani untuk bercocok tanam, terutama dalam penghasilan tanaman padi, sayuran, dan buah-buahan.

Meskipun terdapat risiko erupsi vulkanik, petani setempat tetap bersemangat dalam menggarap lahan pertanian mereka, menghasilkan hasil panen yang melimpah.

BACA JUGA:Miliki Areal Kopi Terluas Tapi Produksi di Indonwsia Kalah dengan Brazil dan Vietnam

Gunung Agung 

Terletak di Bali, Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau tersebut dan menjadi simbol spiritual dan keagungan bagi masyarakat Bali. Lereng Gunung Agung juga terkenal dengan lahan pertanian yang subur. 

Petani setempat menggunakan lahan di sekitar Gunung Agung untuk bercocok tanam tanaman padi, sayuran, dan buah-buahan. 

Lahan pertanian yang terhampar di lereng Gunung Agung menambah keindahan alam pulau Bali dan memberikan kontribusi penting dalam penyediaan bahan pangan bagi masyarakat setempat.

Gunung Ijen

Terletak di Jawa Timur, Gunung Ijen merupakan destinasi yang terkenal dengan keindahan dan keunikan Kawah Ijen. Namun, di sekitar gunung ini juga terdapat lahan pertanian yang subur.

BACA JUGA:Cita Rasa Kopi Petik Merah, Jadi Tren Dikalangan Petani

Petani setempat memanfaatkan lahan di sekitar Gunung Ijen untuk menanam berbagai jenis tanaman, termasuk kopi, sayuran, dan buah-buahan. 

Salah satu daya tariknya adalah kebun kopi di sekitar gunung ini, di mana ditanam kopi Arabika dengan kualitas yang sangat dihargai oleh pecinta kopi.

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang melimpah, termasuk gunung-guung yang menjadi sumber kehidupan bagi petani. 

Di sekitar banyak gunung di Indonesia, terdapat lahan pertanian yang produktif dan menjadi sumber mata pencaharian utama bagi masyarakat setempat. 

BACA JUGA:Siapa Produsen Kopi Terbesar Indonesia pada 2022? Ternyata Sumsel Bukan Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: