Bukan Cuma Insomnia, ini Dia 6 Jenis Gangguan Tidur yang Sering Terjadi

Bukan Cuma Insomnia, ini Dia 6 Jenis Gangguan Tidur yang Sering Terjadi

Bukan Cuma Insomnia, ini Dia 6 Jenis Gangguan Tidur yang Sering Terjadi -Foto: ist-

Gangguan ritme sirkadian adalah kondisi ketika jam biologis internal seseorang tidak selaras dengan isyarat waktu eksternal, termasuk siklus cahaya gelap alami.

BACA JUGA:Kamu Harus Tau! Inilah 6 Manfaat Konsumsi Telur Bebek untuk Kesehatan Tubuh PAGARALAMPOS.COM - Selain telur

Apabila terjadi, kamu bisa mengalami bangun lebih siang, sulit tidur, atau sulit berkonsentrasi.

Jam biologis tubuh yang terganggu dapat terjadi pada orang dengan kebutaan total, kerja sistem shift, jet lag, dan sindrom fase tidur lanjut atau tertunda.

Cara untuk mengatasi jenis gangguan tidur ini dapat dilakukan dengan memperbaiki waktu istirahat, terutama pada malam hari.

3. Insomnia

Dari berbagai jenis gangguan tidur, insomnia paling sering didengar di telinga kebanyakan orang. Kondisi ini terjadi ketika seseorang sulit memulai atau mempertahankan tidur. Orangtua dan wanita lebih berisiko mengalaminya.

BACA JUGA:Kamu Harus Tau! Inilah 6 Manfaat Konsumsi Telur Bebek untuk Kesehatan Tubuh PAGARALAMPOS.COM - Selain telur

Penyebab insomnia cukup beragam, antara lain stres, gangguan pencernaan, serta hormon. Insomnia dapat memengaruhi kualitas hidup, bahkan berpotensi menyebabkan beberapa kondisi berikut:

  • Penambahan berat badan
  • Masalah pada pekerjaan
  • Depresi
  • Sulit konsentrasi
  • Cepat marah

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia, yaitu dengan tidur pada jam yang sama setiap harinya, mematikan lampu kamar, dan bisa juga dengan menghindari minum kopi saat menjelang tidur.

4. Sleep Apnea

Sebagian orang mendengkur ketika tidur. Meski kerap dianggap bukan masalah, ternyata mendengkur termasuk gangguan tidur. Sementara itu, ada kondisi yang lebih serius dibanding mendengkur, yakni sleep apnea.

BACA JUGA:Tak Hanya Reus, Inilah Nama Pemain Besar yang Gagal Raih Piala Domestik Sepanjang Karirnya!

Sleep apnea adalah kondisi yang menyebab seseorang kehilangan napasnya dalam beberapa detik saat tidur. Akibatnya,  tubuh kekurangan oksigen dan membuat kamu terjaga pada malam hari. Kabar baiknya, ada beberapa terapi OSA (obestructive sleep apnea) yang bisa kamu pilih untuk mengatasi mendengkur dan sleep apnea.

Salah satunya adalah dengan menggunakan masker oksigen bertekanan khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: