Ini Dia 6 Cara Mengobati Luka yang Bernanah Dapat Dilakukan di Rumah

Ini Dia 6 Cara Mengobati Luka yang Bernanah Dapat Dilakukan di Rumah

Ini Dia 6 Cara Mengobati Luka yang Bernanah Dapat Dilakukan di Rumah-Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Cara mengobati luka bernanah agar cepat kering dengan bahan alami.

Anda bisa mengetahui beberapa langkah mudah mengatasi beberapa jenis luka agar cepat sembuh.

Luka pada kulit adalah kondisi di mana terdapat kerusakan atau cacat pada kulit. Luka dapat terjadi karena berbagai sebab, seperti goresan, gigitan serangga, luka bakar, luka sayat, atau benturan.

Penanganan luka pada kulit harus dilakukan dengan baik dan benar untuk mencegah terjadinya infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

BACA JUGA:5 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Perawatan luka meliputi membersihkan luka, menjaga kebersihan area sekitarnya, menutup luka dengan perban atau plester, serta mengonsumsi obat untuk mengurangi rasa sakit atau antibiotik untuk mencegah infeksi.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk merawat luka:  

1. Tutup Luka dengan Perban

Setelah luka dibersihkan, kamu bisa menutup luka bernanah dengan perban atau pembalut steril. Tujuannya untuk menghilangkan kelebihan cairan dari luka dan melindungi luka bernanah dari infeksi. 

Disarankan untuk mengganti perban steril secara rutin untuk menjaga luka agar tetap bersih. Kamu bisa ganti perban setiap hari atau ketika perban basah dan kotor. 

BACA JUGA:Belum Terungkap! Misteri Gunung Lawu Yang Memiliki Banyak Makam

2. Konsumsi Obat Bebas

Bila luka bernanah menimbulkan gejala nyeri, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan. Nyeri dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga penyembuhan luka pun akan terhambat. 

Bila kamu merasa nyeri, dokter akan menyarankan untuk minum acetaminophen atau ibuprofen. Obat luka bernanah ini bisa dibeli secara bebas. Jika rasa nyeri sulit untuk diatasi, mungkin dokter akan meresepkan obat pereda nyeri yang lebih kuat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: