Ini Dia 5 Khasiat Daun Jarak yang Baik untuk Kesehatan

Ini Dia 5 Khasiat Daun Jarak yang Baik untuk Kesehatan

Ini Dia 5 Khasiat Daun Jarak yang Baik untuk Kesehatan -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Di Indonesia, tanaman jarak dijumpai di berbagai tempat, baik sebagai tumbuhan liar maupun sebagai tanaman yang telah dibudidayakan. 

Tanaman ini dapat dibudidayakan secara ekstensif tetapi untuk memperoleh hasil yang tinggi perlu diusahakan secara intensif.

Hasil utamanya berupa biji dari buah yang terletak di setiap ujung tanaman (cabang). 

Buah akan terus terbentuk selama tanaman masih mampu membentuk cabang.

Tak hanya itu, hasil utama yakni daun jarak juga dimanfaatkan banyak masyarakat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan atau mencegah beberapa penyakit. Pasalnya, daun jarak kaya akan flavonoid, protein, kalsium, dan kalium. 

BACA JUGA:Cik Ujang: HUT ke 154, Lahat Makin Maju dan Berkembang

Untuk lebih lengkapnya, artikel ini akan membahas mengenai manfaat daun jarak, mengenal daun jarak, hingga cara mengolah daun jarak.

1. Mengatasi Sariawan

Manfaat lain dari daun jarak untuk kesehatan yaitu dapat mengatasi sariawan. Hal ini karena adanya senyawa anti inflamasi pada getah daun jarak.

Untuk mendapatkan manfaat ini, siapkan daun jarak lalu remas-remas bagian daun dan batang hingga getah muncul. Kemudian gunakan sedikit getah tersebut pada area yang terkena sariawan.

2. Mengobati Rematik

Daun jarak juga bermanfaat untuk membantu mengatasi rematik. Anda dapat menggunakan air rebusan daun jarak untuk mendapatkan manfaat tersebut.

BACA JUGA:Resmi, Lionel Messi dkk Mainkan Pertandingan di Jakarta

Caranya, siapkan lima sampai delapan lembar daun jarak, kemudian tumbuk sampai halus bersama sedikit air hangat. Setelah itu, oleskan pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Anda dapat melakukannya setidaknya tiga kali sehari sampai kondisinya mereda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: