Motif Ukiran Besemah Ini Ternyata Hanya Ada di Pagar Alam, Unik dan Satu-satunya

Motif Ukiran Besemah Ini Ternyata Hanya Ada di Pagar Alam, Unik dan Satu-satunya

ukiran besemah-pidi-pagaralampos.com

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM – Selain mengembangkan situs cagar budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagar Alam, juga akan fokus mengangkat serta mempromosikan budaya daerah menjadi budaya nasional. 

Salahsatu caranya, mengenalkan lagi berbagai jenis ukiran di rumah baghi (rumah tatahan, red) yang akan dituangkan dalam berbagai media, seperti pakaian batik

Motif ukiran di Rumah 'Baghi', merupakan satu-satunya motif ukiran tidak ditemukan didaerah lain, hanya di Pagar Alam.

Oleh karenanya, keunikan inilah akan secepatnya untuk dipromosikan.

BACA JUGA:WOW! Ternyata Nama Suku Besemah Berasal Dari Sini, Apa Hubungannya ya?

Bahkan akan kita rencanakan untuk disertifikasikan.        

Memwujudkan hal tersebut, melalui IKU (Indikator Kerja Utama).

Tidak terlepas dari upaya tersebut, perlu proses yang harus dilalui, seperti survey dan penelitian, dokumentasi, publikasi serta Surat Keterangan Cagar Budaya melalui Walikota Pagar Alam. 

 Sejauh ini upaya yang terus digiatkan, terus menggali kekayaan budaya di Kota Pagar Alam dan diteliti, yang nantinya akan diketahui informasi peradaban di masa lalu ataupun sejarah Islam di Kota Pagar Alam.

BACA JUGA: Kearifan Lokal Masyarakat Besemah Ghumah 'Baghi' yang Tahan Gempa

Namun itu semua, tidak luput dengan adanya dukungan sejumlah pihak dan dukungan anggaran dari Pemkot Pagar Alam, sehingga apa yang menjadi misi dan visi walikota bisa terwujud.

 Yang jelas, kerja keras untuk mengembangkan situs cagar budaya serta memwujudkan kebudayaan lokal menjadi budaya nasional, tidak lain untuk menselaraskan vis misi kepala daerah, yaitu memajukan wisata dan budaya serta membangun masyarakat yang berkarakter.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: