Yuk Intip, Jenis Kopi Termahal di Dunia Ternyata Banyak di Indonesia?

Yuk Intip, Jenis Kopi Termahal di Dunia Ternyata Banyak di Indonesia?

Foto : Ilustrasi, jenis Kopi Luwak yang juga banyak didapat di Pagar Alam salahsatu sentra kopi di Sumatera Selatan, Indonesia.--google.com

Biji kopi ini diyakini memiliki rasa dan aroma yang khas setelah melewati pencernaan luwak selama 24 jam.

Untuk penghasil kopi luwak, hampir tersebar di seluruh Indonesia didaerah sentra kopi. Memang, untuk produksinya tidak tentu sangatlah sedikit.

Karena, biji kopi berasal dari feses (kotoran) hewan luwak yang dikumpulkan hanya saat musim kopi saja.

Di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan salahsatu sentra kopi luwak. Dengan fermentasi alami tersebut, memberikan citarasa kopi luwak yang diyakini memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh, boleh dicoba.

BACA JUGA:Tehnik Sambung Pucuk Bisa Tingkatkan Produktivitas Tanaman Kopi

4. Ospina Dynasty

Menempati posisi keempat, Ospina Dynasty merupakan kopi yang berasal dari Kolombia dan tumbuh di pegunungan vulkanik di Provinsi Antiquia. Kopi ini memiliki harga US$ 150/0,5 kg atau Rp 2,13 juta/0,5 kg. Kopi ini termasuk salah satu kopi termahal karena memiliki cita rasa yang unik, seperti coklat almond, gurih, dan aroma pedas.

5. El Salvador Santa Ana

Posisi kelima ditempati kopi El Salvador Santa Ana dengan harga US$ 135/0,5 kg atau Rp 1,9 juta/0,5 kg. Kopi ini menggunakan metode pemrosesan madu sehingga memberikan rasa buah ceri dan coklat yang manis.

Ketika dikirim, kopi ini dikemas dengan sangat hati-hati agar memberikan rasa dan kesegaran yang optimal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: