Benarkah Suku Lintang di Dominasi Oleh Petani? Yuk Simak Ini Penjelasanya

Benarkah Suku Lintang di Dominasi Oleh Petani? Yuk Simak Ini Penjelasanya

PAGARALAMPOS.COM - Suku Lintang adalah Suku yang terdapat di Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia. Suku ini mayoritas berprofesi sebagai petani.

Salah satu dari 5 Suku Asli Sumatera Selatan yang cukup menonjol dan dikneal di Provinsi yang ada di Pulau Sumatera ini yakni Suku Lintang

Suku Lintang ini banyak ditemui di daerah pegunungan Bukit Barisan yang ada di tenagh-tengah pulau Sumatera yang membentang dari Ujung Aceh sampai Ujung provinsi Lampung. 

Kawasan pegunungan Bukit Barisan di Sumatera Selatan merupakan tempat tinggal suku Lintang, diapit oleh suku Pasemah dan Rejang.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Suku Komering! Ternyata Terbagi 2 Suku

Suku Lintang merupakan salah satu suku Melayu yang tinggal di sepanjang tepi sungai Musi di Propinsi Sumatera Selatan.

Ciri khas suku Lintang merupakan kekayaan budaya yang tak kalah unik dan menarik untuk dikenali masyarakat Indonesia. 

Bagi Anda yang penasaran tentang keunikan dan ciri khas suku Lintang beserta mayoritas mata pencaharian, simak pemaparan tentang suku Lintang dalam artikel ini.

Ragam Ciri Khas Suku Lintang dan Mata Pencaharian

BACA JUGA:Sejarah Suku Majapahit! Bukan Dibali Saja, Ada di Sumsel

Suku Lintang merupakan salah satu suku yang dapat ditemukan di Sumatera Selatan, tepatnya di Kabupaten Empat Lawang. Masyarakat suku Lintang berasal dari masyarakat yang turun dari Gunung Dempo yang berlokasi di Kota Pagaralam. 

Masyarakat suku Lintang umumnya berprofesi sebagai petani kopi, lada dan padi.

Pembahasan tentang profesi mayoritas masyarakat suku Lintang dijelaskan dalam buku berjudul Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia yang disusun oleh Dr. Zulyani Hidayah (2015: 223).

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa masyarakat suku Lintang umumnya berdomisili di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Muara Pinang dan Kecamatan Pendopo, di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: