Berikut Drone Operasi Militer Indonesia, Ada Sebagai Penjelalah Bawah Laut

Berikut Drone Operasi Militer Indonesia, Ada Sebagai Penjelalah Bawah Laut

Drone Hugin 1000 AUV--Indomiliter.com

Macam-macam drone militer yang populer misalnya yaitu Reaper dan UAV Predator. Beberapa contoh drone militer di Indonesia misalnya Puna Pelatuk, Puna Gagak, Puna Walung, dan lain-lain.

BACA JUGA:Ternyata, Kekuatan Militer Indonesia Terkuat di ASEAN

Drone untuk Operasi Militer Indonesia, Apa Saja?

1. Drone Hugin 1000 AUV

Seperti nama belakang yang ada pada drone ini, yaitu AUV (Autonomous Underwater Vehicle), drone ini sangat andal untuk mempermudah misi TNI AL untuk kegiatan operasi militer di bawah laut dengan kemampuan menyelam sedalam 3.000 meter.

Drone asal Norwegia ini dipesan oleh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan TNI AL untuk dapat lebih mudah menjalankan misi surveillance dan reconnaissance.

Tidak hanya itu, Hugin 1000 AUV juga akan selalu dipercaya untuk terus bisa mengemban peran vital operasi di laut yang meliputi pemetaan di dalam laut.

Juga misi observasi di bawah laut dan juga berperan dalam membantu tim SAR saat operasi pencarian korban kecelakaan wilayah laut.

2. Drone Rajawali 350

Tujuan utama dalam penggunan drone Rajawali 350 ini adalah untuk memantau, melakukan operasi pengintaian dan membantu tugas SAR area laut atau kemaritiman.

Drone dengan bentuk yang mirip helikopter ini juga dapat beroperasi tanpa mengeluarkan suara yang bising. 

Keunggulan lain dari drone Rajawali 350 yang membuat Badan Keamanan Laut (Bakamla) tertarik pada tahun 2016 ini juga terletak pada spesifikasinya yang mumpuni untuk melakukan tugas operasi di area laut.

Salah satu spesifikasi andalan dari drone ini, yaitu berbekal GMTI (Ground Moving Target Indicator) sebagai pelengkap kecanggihan dari drone Rajawali 350 tersebut. 

Dengan adanya alat tersebut, drone Rajawali 350 sanggup untuk melakukan tugas intai pada pergerakan kapal asing berukuran kecil yang beroperasi tanpa izin di area maritim Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: