Ternyata, Kekuatan Militer Indonesia Terkuat di ASEAN

Ternyata, Kekuatan Militer Indonesia Terkuat di ASEAN

 

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Militer Indonesia tercatat sebagai yang terkuat di Asia Tenggara berdasarkan situs pemeringkat Militer Global Firepower (GFP) Index 2023. 

Indonesia berada di posisi ke-13, bahkan tertinggi dibandingkan negara ASEAN lainnya. Tentunya, dengan kekuatan militer ini bisa membuat negara adidaya segan.

Adapun peringkat pertama ditempati oleh Amerika Serikat (AS). Selanjutnya disusul oleh Rusia di peringkat kedua dan China di peringkat ketiga.

BACA JUGA:Amerika Serikat Berikan Bantuan Militer Rp 37 Triliun untuk Ukraina

Kemudian di posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh India dan Jepang.

Dalam hal ini, GFP tak memperhitungkan perbandingan kualitas alutsista tiap negara.

Indeks GFP hanya menitikberatkan pada aspek kuantitas dan tidak mengukur atau melihat kesiapan tempur angkatan perang sebuah negara. 

Sehingga, meski Indonesia di peringkat 16, hal ini dinilai tidak membuat bangga secara berlebihan.

Luasnya Indonesia juga turut mempengaruhi banyaknya jumlah alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang dimiliki oleh matra darat, laut, dan udara. 

BACA JUGA:Pertahanan TNI AL Semakin Kuat, Uji Peluncuran Rudal Hanud Mica Naval

Banyaknya jumlah alutsista turut menunjang peringkat kekuatan militer Indonesia yang dirilis GFP.

Dalam situs GFP, kekuatan matra udara Indonesia memiliki 458 unit armada yang terdiri dari pesawat angkut, pesawat tempur, dan helikopter. Adapun jumlah pesawat tempur Indonesia hanya 41 unit.

Posisi Indonesia ini tertinggi diantara negara ASEAN lainnya. Dibawah Indonesia, ada Vietnam di posisi 19 dan Thailand (24). Sedangkan Singapura berada di posisi 29 dan Malaysia di urutan 42.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: