Wajib Diketahui! Ini 7 Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Indonesia, Ada UII dan UIN Lampung

Wajib Diketahui! Ini 7 Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Indonesia, Ada UII dan UIN Lampung

7 Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Indonesia--

PAGARALAMPOS.COM - Perguruan Tinggi Islam bisa menjadi pilihan bagi yang ingin melanjutkan studi ke jenjang universitas. Di Indonesia ada banyak sekali Perguruan Tinggi Islam ini. Berikut 7 Perguruan Tinggi Islam terbaik di Indonesia, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

1. Universitas Islam Indonesia Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia versi Webometrics. Secara ranking Indonesia, UII berada di urutan 12, sementara ranking dunia menempati urutan ke 2270.

UII berlokasi di Jalan Kaliurang, Krawitan, Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. UII termasuk kampus tertua di Indonesia yang berdiri pada 8 Juli 1945.

2. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

BACA JUGA:Viral! Inilah Kampus Terbaik Indonesia Yang Masuk Rangking Dunia, Nomor 6 Lahirkan Menteri!

Perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia berikutnya Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Secara nasional UIN Bandung menempati urutan ke-38, dan secara global menempati ranking 3920. UIN Bandung berkedudukan di Kecamatan Cibiru, Bandung, Jawa Barat.

Nama Sunan Gunung Djati diambil dari nama salah seorang Wali Songo, tokoh penyebar agama Islam di Jawa. Berdiri pada tahun 1968, UIN Bandung saat ini menawarkan 9 fakultas, mulai dari Ushuluddin, Tarbiyah dan Keguruan, Psikologi, Sains dan Teknologi, hingga Ekonomi dan Bisnis Islam.

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Berikutnya adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kampus yang dikenal dengan singkatan UMS ini berada di posisi 50 secara nasional, dan 4289 secara global. UMS merupakan kampus yang dikelola salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah.

BACA JUGA:Wow! Kampus Undip Sediakan Bus Khusus Untuk Mahasiswa dan Warga Kampus

UMS berkedudukan di Jalan A. Yani, Pabelan, Sukoharjo, Jawa Tengah. Didirikan pada tahun 1981, UMS saat ini menawarkan 12 fakultas untuk program Sarjana, Sekolah Pascasarjana, Program Profesi, dan Sekolah Vokasi.

4. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Perguruan tinggi Islam terbaik berikutnya adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, atau lebih dikenal dengan UIN Jakarta. Melansir Webometrics, UIN Jakarta menempati ranking ke-51 secara nasional, dan 4318 secara global.

UIN Jakarta berdiri tahun 1957 melalui pembentukan Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA). Kampus ini beroperasi di Jalan Ir. H. Juanda, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten. UIN Jakarta membuka program pendidikan jenjang sarjana, pascasarjana, dan program profesi. Untuk jenjang sarjana ada 12 fakultas, pascasarjana 10 fakultas, dan program profesi ada 2 fakultas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: