Menelisik Sejarah Suku Komering di Sumatera Selatan, Miliki Makna Dari Istilah Hindu Purba

Menelisik Sejarah Suku Komering di Sumatera Selatan, Miliki Makna Dari Istilah Hindu Purba

Menelisik Sejarah Suku Komering di Sumatera Selatan, Miliki Makna Dari Istilah Hindu Purba--

Nah, Nama atau gelar yang diberikan pada pasangan pengantin ini, biasanya diumumkan pada saat pelaksanaan acara resepsi pernikahan pengantin yang dimaksud.

Setelah menikah dan mendapatkan gelar tersebut, di beberapa daerah, orang tersebut di panggil sesuai dengan gelar yang didapatkan atau diberikan pada saat mereka menikah.

BACA JUGA:Catat! Ini Sejarah Suku Musi Banyuasin

Makanan Khas dari Suku Komering

Sambal Jok-jok merupakan sambal tradisional khas suku Komering, sambal ini biasanya dijadikan sebagai lauk makan atau cocolan untuk menikmati ikan bakar.

Kemudian, bahan-bahan untuk membuat sambal Jok-jok ini sendiri, terdiri dari  Terasi, Cabe, Garam, Gula, Perasan Jeruk, dan Air yang kemudian dijadikan satu.

Selain sambal Jok-Jok tersebut, makanan Khas suku komering ini adalah Kasuran

Kasuran adalah makanan seperti lontong yang digulung-gulung layaknya kasur, makanan ini biasanya banyak dibuat saat masyarakatnya merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Idul Adha, disajikan ketika berkumpul bersama keluarga dan masyarakat yang ada di daerah tersebut.

BACA JUGA:Rumah Adat dan Budaya Suku Pasemah Penuh Falsafah

Kemudian, makanan Khas lainnya adalah Bungkul

Bungkul adalah makanan yang berbahan dasar beras ketan dan kelapa parut yang dibalut dengan gulungan daun enau atau daun pandan, setelah itu baru dimasak dengan cara dikukus.

Bahasa

Selanjutnya Bahasa, Bahasa Komering Bahasa Komering (Surat Ulu: ꤷꥁꤼ ꤰꥋꤸꥉꤽꥇꥏ, Jawi: بهاس كومريڠ), merupakan sebuah bahasa yang biasa dituturkan oleh Suku Komering dalam kehidupan sehanri-hari.\

BACA JUGA:Bersejarah! Ternyata Wisata di Palembang Ini Miliki Nilai Historis Sejak Zaman Kerajaan

Beberapa linguis menyatakan bahwa bahasa Komering merupakan dialek dari bahasa Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: