9 Danau Terbesar di Indonesia, Selain Danau Toba

9 Danau Terbesar di Indonesia, Selain Danau Toba

Wow! Ini Nih 6 Danau Terbesar yang Ada di Indonesia, Wajib Banget Kamu Kunjungi -Foto: net-

2. Danau Poso 

Danau Poso berada di Kabupaten Posi, Sulawesi Tengah. Danau ini dibentuk sekitar 12 sampai 16 juta tahun yang lalu karena terbentuk pergeseran lempeng tektonik. 

Panjang danau sekitar 32 km, lebar 16 km, dan luas permukaan sekitar 323 km persegi. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Kehidupan Alam Liar di Indonesia Terpopuler 2023, Begini Sensasinya!

Danau ini berada di ketinggian 657 mdpl di atas permukaan laut. Uniknya, danau ini memiliki pasir putih seperti pantai dan gelombang air seperti air laut. Danau ini memiliki gradasi warna air seperti pantai. 

Dari kejauhan terlihat warna air biru tua. Sedangkan bagian tepi berwarna biru kehijauan.

3. Danau Sentani 

Danau Sentani memiliki luas sekitar 9.360 hektar yang menjadi danau terluas di Papua. Danau ini berada di kota Jayapura sampai Kabupaten Jayapura. 

Danau Sentani bisa menjadi alternatif wisata setelah Raja Ampat. Selain menjadi tempat wisata, danau ini menjadi festival budaya yang digelar setahun sekali. 

BACA JUGA:Gak Perlu Filler! Begini 6 Cara Menggunakan Lipstick agar Bibir Terlihat Penuh

Festival ini menggelar kesenian dan kebudayaan masyarakat setempat, seperti tari Perang khas Papua, Tarian Isosolo, dan upacara adat.

4. Danau Towuti 

Danau ini terbentuk karena pergeseran lempeng tektonik. Pergeseran lempeng ini membentuk danau terbesar kedua di Indonesia. 

Danau Towuti berada di Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Luas danau sekitar 561 km persegi. Kedalaman danau mencapai 203 meter. 

Danau ini digunakan sebagai tempat wisata dan tempat konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: