Catat! ini Dia 5 Penyebab Mata Merah dan Cara Menanganinya

Catat! ini Dia 5 Penyebab Mata Merah dan Cara Menanganinya

Catat! ini Dia 5 Penyebab Mata Merah dan Cara Menanganinya-Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Mata adalah salah satu indra paling penting pada tubuh kita.

Tak hanya menjadi indra penglihatan yang fungsinya vital, mata juga merupakan jendela jiwa yang dapat mencerminkan perasaan kita.

Nah, itulah sebabnya kamu harus teliti menjaga kesehatan mata. Salah satu hal sederhana yang patut kamu pahami adalah cara mengatasi mata merah dan berair.

Kondisi mata merah dan berair bisa disebabkan berbagai faktor, antara lain pembengkakan pembuluh darah di sekitar mata (konjungtivitis), mata kering, alergi, kelelahan, debu, infeksi mata, dan pengaruh beberapa jenis penyakit (lupus dan sindrom sjogren).

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Kehidupan Alam Liar di Indonesia Terpopuler 2023, Begini Sensasinya!

Kamu tak perlu resah bila mengalami mata merah dan berair. Lakukan 7 cara ampuh ini untuk mengobati mata merah berair agar sembuh seperti sedia kala: 

1. Luka di kornea

Luka di kornea merupakan penyebab mata merah yang diakibatkan oleh cedera pada mata yang kemudian dapat terinfeksi oleh bakteri, virus, jamur, dan sebagainya.

Luka di kornea juga dapat disebabkan oleh penggunaan lensa kontak.

Luka di kornea yang tidak ditangani secara tepat bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan dan bahkan kehilangan mata.

BACA JUGA:Seperti di Afrika! 5 Padang Savana Terindah di Indonesia, Bahkan Ada Yang Sudah Mendunia Loh, Benarkah?

Luka di kornea dapat menimbulkan gejala seperti, rasa sakit dan nyeri di mata, adanya kotoran yang keluar dari mata, mata merah, mata yang sensitif terhadap cahaya, adanya titik putih pada kornea, dan penglihatan yang berkurang.

2. Sindrom mata kering (dry eyes)

Sindrom mata kering dapat menjadi penyebab mata merah. Penyakit mata ini diakibatkan oleh rendahnya produksi air mata, komposisi air mata yang tidak tepat untuk menutrisi dan melembabkan mata, atau karena air mata yang cepat menguap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: