Wow! Kemenparekraf Jaring Wisatawan Vietnam Melalui VITM 2023

Wow! Kemenparekraf Jaring Wisatawan Vietnam Melalui VITM 2023

Wow! Kemenparekraf Jaring Wisatawan Vietnam Melalui VITM 2023-tangkapan layar-kemenparekraf.go.id

PAGARALAMPOS.COM, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali berpartisipasi di bursa pameran pariwisata internasional Vietnam International Travel Mart (VITM) 2023 di Hanoi, sebagai upaya menjaring wisatawan mancanegara (wisman) asal Vietnam.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataanya di Jakarta, Kamis (29/4/2023).

Ia menjelaskan kehadiran Wonderful Indonesia” pada VITM yang berlangsung pada 13-16 April 2023 di International Center for Exhibition (I.C.E), Hanoi, Vietnam tersebur merupakan upaya memperkuat promosi pariwista Indonesia.

BACA JUGA:Sungguh Menakutkan! Telah membusuk Selama 3 Hari, Ternyata Bandara Kualanamu Ada Laporan Kehilangan

“Ini sebagai upaya meningkatkan dan memperkuat citra pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air dalam branding ‘Wonderful Indonesia’ di pasar internasional dan sebagai upaya menjaring wisatawan mancanegara. Terutama pasar Vietnam,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf R. Wisnu Sindhutrisno menjelaskan sebanyak 13 pelaku pariwisata dari Indonesia.

Yang terdiri dari travel agent/tour operator, hotel, atraksi wisata, dan DMC (Destination Management Company) berpameran, berpromosi, dan berjualan produk/jasa wisata mereka.

BACA JUGA:Polri Klaim Mudik 2023 Kondusif, Ditandai Angka Lakalantas Turun 19 %

Pameran Internasional ini merupakan referensi utama bagi masyarakat di Vietnam dalam mencari alternatif tujuan wisata ke luar negeri.

Sejumlah destinasi yang ditawarkan kepada pengunjung, mencakup Bali, Labuan Bajo, Lombok, Yogyakarta, Danau Toba, Likupang, Batam, dan Jakarta.

“Vietnam merupakan salah satu negara pasar potensial yang menduduki peringkat empat teratas sebagai penyumbang wisatawan mancanegara terbanyak di wilayah ASEAN setelah Malaysia, Singapura, dan Filipina,” ujarnya.

BACA JUGA:Luar Biasa! Solidaritas TNI Polri di Pagar Alam Ternyata Seperti Ini

Dengan populasi lebih dari 100 juta penduduk, pertumbuhan ekonomi 8 persen pada 2022, peningkatan kelas menengah hingga 30 persen, dan pemeluk Budhism hingga 12.5 juta, Vietnam telah menjadi “emerging market” yang disasar oleh semua negara di Asia.

Tercatat dari 5,47 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2022, Vietnam menyumbangkan 62.190 wisatawan, sehingga sebenarnya masih banyak ruang untuk bisa meningkatkan market share pariwisata Indonesia di pasar Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id