Fantastis, Sukanto Tanoto Crazy Rich Asal Indonesia Beli Mall di Singapura Seharga 9,4 Triliun

Fantastis, Sukanto Tanoto Crazy Rich Asal Indonesia Beli Mall di Singapura Seharga 9,4 Triliun

Fantastis, Sukanto Tanoto Crazy Rich Asal Indonesia Beli Mall di Singapura Seharga 9,4 Triliun - Foto: Dok/Pagaralampos.com--

PAGARALAMPOS.COM - Sukanto Tanoto, salah satu orang terkaya di Indonesia, dikabarkan membeli pusat perbelanjaan di Singapura. Mal tersebut bernama Tanglin Mall di kawasan perbelanjaan Orchard Road.

Mal tersebut dibeli oleh Pacific Eagle Real Estate milik Sukanto Tanoto senilai US$645 juta atau Rp9,4 triliun (kurs Rp14.700).

Pembelian mal selesai pada Februari 2023, menurut Forbes. Sukanto Tanoto membeli mal tersebut karena ingin memperluas sayap investasi real estate di pusat keuangan Asia tersebut. 

“Pusat Perbelanjaan Tanglin adalah salah satu landmark ritel paling awal di Singapura dan menempati lokasi yang menonjol tepat di sebelah St. Regis Hotel di kantong Orchard Road,” kata Direktur Pacific Eagle Sun You Ning yang berbasis di Singapura, sepeti dikutip Jumat (28/4).

BACA JUGA:Wow, Amerika versus Filipina, Adu Peluncur Roket di Laut Cina Selatan

Sun You Ning merasa terhormat memiliki Tanglin Mall karena dia memiliki wewenang untuk membuat bangunan ikonik yang sesuai dengan warisan properti tersebut. Selain itu, bagian depan mal merupakan salah satu jalan terpenting di Singapura.

Perlu diketahui bahwa Tanglin Mall terletak di sebidang tanah kosong seluas 68.512 meter persegi. 12 lantai dibangun pada tahun 1970-an. Mal ini terletak di Jalan Tanglin dan Jalan Cuscaden yang merupakan salah satu lokasi strategis Singapura.

Empat institusi medis terkenal seperti Camden Medical Center dan Rumah Sakit Gleneagles terletak dekat dengan jalan raya, serta klub pribadi eksklusif seperti Tanglin Club dan American Club.

Menurut Savills Singapore, yang menjadi perantara kesepakatan tersebut, situs tersebut dapat dikembangkan kembali menjadi bangunan komersial dengan ketinggian maksimal 20 lantai dan luas lantai kotor 4,2. 

BACA JUGA:Ngeri! Ini Kesaksian Mahasiswa Asal Pagar Alam Yang Terjebak Perang Sudan

"Tender untuk pusat perbelanjaan Tanglin sangat diperebutkan," ujar direktur pelaksana penjualan investasi dan pasar modal di Savills Singapura Jeremy Lake dalam sebuah pernyataan resminya.

“Daya tarik utama dari situs ini adalah menjadi situs komersial hak milik, yang memungkinkan fleksibilitas berbagai opsi pengembangan.”

Untuk diketahui, Pacific Eagle telah membuat terobosan di pasar real estate Singapura dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2018, grup tersebut membeli Chinatown Plaza di distrik Tanjong Pagar dekat distrik bisnis Raffles Place seharga SGD 230 juta.

Properti tersebut, saat ini sedang dibangun kembali menjadi Mondrian Singapore Duxton, sebuah hotel mewah yang menggabungkan arsitektur dari ruko berusia berabad-abad di Singapura dengan pengaruh kontemporer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com