Pemula Wajib Tahu! Ini 7 Cara Merawat Motor Vespa Tua

Pemula Wajib Tahu! Ini 7 Cara Merawat Motor Vespa Tua

Pemula Wajib Tahu! Ini 7 Cara Merawat Motor Vespa Tua--

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM – Bagi para pemula yang mau memelihara motor vespa tua tentunya harus bisa merawatnya, ini 7 cara merawat motor vesva tua versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber. 

Sebagai seorang penghobi motor Vespa tua, sudah seharusnya dan sepantasnya untuk memahami bagaimana perawatan yang tepat dan benar.

Hal itu tentu tak lepas dari potensi kerusakan yang terjadi sewaktu-waktu mengingat usianya yang terbilang sudah tua. Apalagi, motor Vespa sendiri memiliki mekanisme sistem yang berbeda dibandingkan motor lain.

Nah, khusus Anda yang baru pemula sebagai penghobi motor Vespa, perlu untuk mengetahui cara merawat motor Vespa tua agar performanya tetap terjaga secara maksimal. Ini sangat penting guna menjaga kualitas motor Vespa yang Anda miliki tetap dalam kondisi prima.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata di Bromo Wajib Kamu Kunjungi, Salah Satunya ada Pasir Berbisik
Di sisi lain, dengan memahami cara merawat motor Vespa maka sudah barang tentu akan mencegah terjadinya beberapa kondisi yang tidak beres. Khususnya kerusakan pada sektor mesinnya yang memang cukup rentan mengingat sudah berusia lama.

Lantas, bagaimana sih cara yang tepat untuk merawat motor Vespa agar awet dan tetap prima? Semakin penasaran ya?

Nah, berikut ini Mas Sena akan berbagi tips mengenai cara merawat motor Vespa tua yang bisa Anda terapkan atau praktekkan sendiri di rumah.

Cara Merawat Motor Vespa Tua
BACA JUGA:Masuk 75 Besar ADWI 2023, Kampung Heritage Kajoetangan Jatim Unggulkan Wisata Tematik
Di bawah ini langkah yang tepat menerapkan cara merawat motor Vespa tua. Berikut ulasan lengkapnya.

Rutin Mengecek Karburator

Di samping itu, untuk menerapkan bagaimana cara merawat motor Vespa tua, bisa Anda lakukan dengan melakukan pengecekan rutin pada bagian karburator.

Pasalnya karburator pada motor Vespa merupakan komponen yang cukup sering terkendala masalah, apalagi pada beberapa motor Vespa tua.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang, Serasa Diluar Negeri
Terkait soal itu, umumnya problem pada karburator biasanya dipicu karena komponen ini mengalami penyumbatan. Dampak negatif dari masalah ini bisa menyebabkan akselerasi Vespa Anda menjadi tidak sempurna

Nah, untuk mencegah sekaligus membersihkannya, cucilah bagian-bagian karburator dengan menggunakan bensin dan tiup saluran-saluran bensin dan udara. Hal ini diharapkan bisa membersihkan secara maksimal setiap sela pada karburator.

Gunakan dan Pilih Oli Samping Berkualitas

Di sisi lain, langkah yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan cara merawat motor Vespa tua adalah dengan menggunakan oli samping khusus yang berkualitas.
BACA JUGA:Jangan Lupa Ketinggalan! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi
Umumnya, oli samping berkualitas di sini sangat erat kaitannya dengan merk yang mana dijual di pasaran.

Penggunaan oli berkualitas, tentu saja dianjurkan untuk mengurangi endapan bahan aditif dari oli agar tidak meninggalkan kerak yang sudah barang tentu akan mengganggu.

Saran Mas Sena, gunakan oli samping ternama dengan harga yang sedikit mahal. Tak masalah mahal asalkan berkualitas dan tidak merusak mesin motor.

Hal ini bisa Anda lakukan saat melakukan service rutin.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang yang Bikin Kamu Ngga Mau Pulang Kerumah Lagi, Ada Apa?
Rutin Mengganti Oli Sebulan Sekali

Kemudian, cara merawat motor Vespa tua yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan penggantian oli secara rutin dalam rentang waktu sebulan sekali.

Perlu diketahui, maksud dari rentang waktu itu adalah paten. Artinya, dipakai atau tidak, sebaiknya sebulan sekali Vespa tua Anda harus diservice karena berkenaan dengan performa mesin.

Dimana, oli mestinya mendapatkan pembaruan rutin saat digunakan untuk melumasi mesin tua. Inilah yang memicu pentingnya keberadaan oli sebagai pelumas mesin.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang yang Bikin Kamu Ngga Mau Pulang Kerumah Lagi, Ada Apa?
Oleh sebab itu, lakukan service rutin selama satu bulan sekali sekaligus penggantian oli mesinnya.

Kontrol Aki Vespa

Perawatan motor Vespa yang perlu untuk Anda lakukan yakni dengan selalu melakukan kontrol terhadap kondisi aku.

Komponen yang satu ini memerlukan perawatan yang rutin sebab setiap kali mesin dihidupkan maka aki pun nantinya akan tersisi arus listrik
BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata di Bromo Wajib Kamu Kunjungi, Salah Satunya ada Pasir Berbisik
Secara mekanisme, pada saat arus listrik masuk ke bagian aki maka secara otomatis bahwa elemen dalam aki akan mengalami reaksi.

Dari reaksi yang ditimbulkan oleh aki ini nantinya bakal memicu perubahan suhu air aki memanas dan kemudian menguap. Dengan demikian maka pada kepala aki khususnya yang positif (+) akan terjadi penggumpalan yang biasanya akan berdampak buruk yakni terbentuknya karat.

Guna menjaga sekaligus mencegah dampak buruk tersebut maka sangat diperlukan kontrol rutin. Dimana, diperlukan pembersihan rutin pada bagian kepala aki dengan menggunakan kuas yang telah dibasahi dengan menggunakan air panas.

Untuk menjaga keawetannya sebaiknya jika motor Vespa Anda akan ditinggal lama, lepas akinya dari motor dan simpan dalam tempat yang bersih dan kering. Hal ini tentunya untuk meminimalisir pergerakan arus yang terjadi secara berkelanjutan.
BACA JUGA:Masuk 75 Besar ADWI 2023, Kampung Heritage Kajoetangan Jatim Unggulkan Wisata Tematik
Merawat Kran Bensin

Kemudian, cara merawat motor Vespa tua yang bisa dilakukan yakni dengan membersihkan bagian keran bensin.

Bukan tanpa sebab mengingat ada tipe Vespa yang memiliki 2 tangki. Di antaranya yakni tangki bensin dan tangki oli untuk sistem pencampuran oli secara otomatis.



Untuk membersihkannya, Anda perlu mencucinya sekaligus membersihkan bagian tangki dengan bensin supaya kotoran terbuang, sementara untuk saluran keran bensin rendam dengan bensin dan bersihkan.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang, Serasa Diluar Negeri
Cegah Tangki Berkerak dengan Penggunaan Bahan Bakar Berkualitas

Pertama-tama, cara merawat motor Vespa tua yang perlu Anda lakukan yakni mengisi atau menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan tinggi.

Hal ini tentu saja dimaksudkan agar sistem pembakaran pada mesin menjadi lebih ringan dan efisien. Sehingga, tidak memberatkan mesin ketika dihidupkan.

Namun, satu yang utama bahwa penggunaan bahan dengan kandungan oktan tinggi ini akan mencegah terjadinya tangki bahan bakar yang berkerak yang mana jika dibiarkan secara terus menerus akan menghambat saluran pada bagian sistem pembakaran.
BACA JUGA:Jangan Lupa Ketinggalan! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi
Tentu saja, penggunaan bahan bakar oktan tinggi akan sanggup mencegah kondisi tersebut. Ini perlu Anda catat saat akan mengisi bensin/bahan bakar.

Service Rutin ke Bengkel

Cara merawat motor Vespa tua terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu lakukan perawatan ringan berupa service rutin ringan pada motor Vespa Anda.

Bawalah motor Vespa tua Anda ke bengkel resmi untuk dicek dan diperbaiki jika terjadi kerusakan pada bagian sektor permesinan. Hal ini penting dilakukan.
BACA JUGA:Keren! Desa Wisata Bowele Malang Diresmikan Menparekraf Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
Langkah ini merupakan salah satu cara paling ampuh yang bisa Anda maksimalkan dan rutinkan, paling tidak dua bulan sekali atau sebulan sekali.

Dengan melakukan service rutin maka diharapkan beberapa kerusakan awal langsung diketahui dan langsung dilakukan tindakan perbaikan untuk mengatasi potensi kerusakan yang terjadi tersebut.

Di sisi lain, agaknya memang untuk menerapkan cara merawat motor Vespa tua tidaklah berbeda jauh dengan motor lain yang usianya sudah lama atau tua.

Hanya saja, mungkin beberapa komponen diperlukan perhatian khusus dan terfokus, seperti bagian aki dan karburator yang rentan terhadap beberapa kendala atau kerusakan.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! 5 Tempat Wisata Bangka, Pesona di Timur Sumatera
Pasalnya, kedua suku cadang tersebut begitu dekat dan berpotensi merusak komponen lain jika telat melakukan penanganan apabila suatu waktu terjadi kerusakan.

Oleh sebab itu, beberapa langkah mengenai cara merawat motor Vespa tua di atas diharapkan bisa memberikan manfaat yang informatif dan edukatif untuk teman-teman semua. Sehingga, perawatan motor Vespa tua secara mandiri pun bisa dilakukan.

Semoga saja informasi soal cara merawat motor Vespa tua di atas bisa menjadi referensi positif untuk kawan-kawan semua. Sekian dan terimakasih. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: