Kok Bisa Sering Keputihan Setelah Haid? Yuk Cek Faktanya Disini

Kok Bisa Sering Keputihan Setelah Haid? Yuk Cek Faktanya Disini

Kok Bisa Sering Keputihan Setelah Haid? Yuk Cek Faktanya Disini-Foto: ist-

Infeksi jamur pada vagina bisa terjadi kapan saja. Salah satu gejalanya adalah keputihan setelah haid atau sebelumnya, yang biasa diiringi rasa gatal di vagina.

3. Penyakit menular seksual

Keputihan bisa menjadi salah satu gejala penyakit ini. Beberapa jenis penyakit menular seksual yang menyebabkan keputihan adalah klamidia, trikomoniasis, dan gonore.

BACA JUGA:6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sedang Haid

4. Ovulasi

Bagi pemiliki siklus haid yang normal (28 hari), sering keluar lendir berwarna agak putih, kemudian menjadi bening selama kira-kira dua minggu setelah hari pertama haid. Keputihan seperti ini bisa menjadi pertanda meningkatnya hormon estrogen sampai terjadi proses ovulasi.

5. Penggunaan pil KB

Kontrasepsi hormonal, seperti pil KB, dapat meningkatkan kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh kaum hawa. Dampaknya adalah produksi lendir vagina yang lebih banyak, sehingga keputihan lebih sering terjadi.

6. Bacterial vaginosis

Dalam vagina sebenarnya terdapat bakteri-bakteri yang membantu dalam menjaga kesehatan area intim tersebut. Tapi jika jumlah bakteri baik dan bakteri jahat menjadi tidak seimbang, terjadilah gangguan kesehatan berupa bacterial vaginosis dengan gejala berupa keluarnya cairan keputihan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: