Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan

Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan

Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan--

PAGARALAMPOS.COM, PAGAR ALAM - Amalan 10 hari terakhir Ramadhan menjadi sesuatu yang paling diistimewakan masyarakat muslim dunia saat puasa. Bukan berarti selain 10 hari tersebut adalah momen yang tidak istimewa, tetapi ada alasan mengapa ibadah 10 hari terakhir di bulan Ramadhan ini harus diperjuangkan.

Nabi Muhammad SAW menjadikan 10 hari terakhir di bulan puasa sebagai yang terfavorit, karena merupakan fase pembebasan dari api neraka. Bulan Ramadhan sendiri dibagi menjadi 3 fase yaitu 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari terakhir. 

BACA JUGA:Aneka Menu Takjil Pilihan Buat Menu Berbuka Puasa

Fase pertama di bulan Ramadhan adalah fase rahmat dan kasih sayang Allah SWT, kemudian fase 10 hari kedua adalah fase maghfirah atau fase ampunan Allah SWT. Sedangkan fase ketiga adalah fase itqnun minan nar atau pembebasan dari api neraka.

Ada tiga amalan utama yang harus dilakukan pada 10 hari terakhir ini. Di antaranya adalah memperbanyak sedekah, mencukupi kebutuhan keluarga, dan berbuat baik pada karib-kerabat dan tetangga. Lalu, selain dengan tiga ibadah di atas, apa saja amalan di 10 hari terakhir Ramadhan yang dapat menjadikan umat muslim terbebas dari api neraka?

BACA JUGA:Selain Arab, Ini Negara Eropa yang Rayakan Idulfitri Jumat 21 April 2023, Cek Daftarnya Disini!

1. Melaksanakan Sholat Malam (Qiyam Ramadhan)

Di antara amalan paling utama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengerjakan sholat wajib 5 waktu kemudian melaksanakan sholat tarawih berjamaah hingga selesai sholat bersama imam. Lebih utama lagi jika kita menambahnya pada malam hari, sebagaimana hadits: "Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Al-Bukhari).

BACA JUGA:BREAKING NEWS : 4.000 Warga Muhammadiyah Lubuklinggau Laksanakan Sholat Idul Fitri 1444 H, Ini Likasinya!

2. Banyak Berdoa

Disunnahkan bagi kita untuk banyak berdoa. Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya oleh istri beliau, Aisyah radhiallahu ‘anha, "Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku mengetahui suatu malam adalah Lailatul Qadar. Apa yang mesti aku ucapkan saat itu?" Maka Beliau menjawab, "Ucapkanlah: 'Allahumma Innaka 'Afuwwun Tuhibbul 'Afwa Fa'fu Anni (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku)." (HR at-Tirmidzi, Hadis Sahih)

BACA JUGA:Wow Keren, Video Duta Sheila On 7 Salat di Kereta Viral di Sosmed, Ini Kata Netizen

3. Menghidupkan Iktikaf di Masjid

Disunnahkan melakukan iktikaf selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan bagi orang yang memiliki kemampuan dan tidak memiliki halangan. Iktikaf adalah menetap di masjid dan menyibukkan diri dengan ibadah kepada Allah Taala, seperti menegakkan sholat, memperbanyak membaca Al- Qur'an, memperbanyak zikir, doa, dan istighfar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: