Tingkatkan Ketahanan Pangan, Ini yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Agung Lawangan

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Ini yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Agung Lawangan

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Ini yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Agung Lawangan - Foto: Fahmi/Pagaralampos.com/LESTARIKAN : Saat Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni SH bersama Kapolres Pagar Alam AKBP Erwin Irawan SIK MH didampingi Bhabinkamtibmas--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Guna meningkatkan Ketahanan Pangan Keluarga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Agung Lawangan menginisiasi panen ikan di Tebat Air Garaman, Dusun Gunung Agung Tengah, Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam. Kamis, 20 April 2023.

Kegiatan ini berangkat dari kurangnya hasil panen Kopi masyarakat akibat hujan es juga pasca pandemi Covid-19.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Agung Lawang Aipda Royi Barce menuturkan Syukur Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Untuk menyukseskan kearifan lokal seperti ini, pihaknya mengajak Babinsa, Ketua RT/RW setempat juga tokoh masyarakat untuk melakukan musyawarah terkait pengisian bibit.

BACA JUGA:1.601 Keluarga Penerima Manfaat di Kecamatan Dempo Utara Terima Bantuan Beras

"Setelah kolam seluas 3/4 hektar telah dibersihkan, kami mengusulkan 20.000 Bibit Ikan kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan untuk ditebar di Tebat Air Garaman," ungkapnya dibincangi pagaralampos.com. Kamis, 20 April 2023 pagi.

Dijelaskan Royi, Pelaksanaan kegiatan ini tidak terlepas dari kerjasama antara Pemerintah Kota Pagar Alam, Polres Pagar Alam dan Masyarakat di kelurahan Agung Lawang.

"kegiatan yang dilaksanakan H-2 lebaran ini, mendapat banyak sekali dukungan dari berbagai pihak termasuk masyarakat sekitar, terbukti pada saat panen masyarakat sangat antusias menangkap ikan dengan bermacam ukuran," ujarnya.

Aipda Royi Barce berharap, masyarakat dapat menjaga lingkungan sekitar, dan mampu menumbuhkan ide-ide kereatif agar bisa meningkatkan ketahanan pangan khususnya di Kelurahan Agung Lawangan.

BACA JUGA:Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Lewat Pasar Ramadhan

"Semoga masyarakat terus kompak menjalankan kearifan lokal ini, agar tujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga di khususnya di Kelurahan Agung Lawangan," pungkasnya.

Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni SH mengatakan ia sangat mendukung sekali kegiatan positif seperti ini. 

"Kedepan Tebat ini bisa kita maksimalkan lagi, insyaallah kalo kita terbar benih yang besar dan perawatan bagus, nanti bisa jadi tempat singgah, dengan adanya orang-orang yang datang kesini masyarakat sekitar dapat berjualan makanan ikan, dengan begitu akan menghemat biaya pakan," ujar Alpian.

Sementara itu, Kapolres Pagar Alam AKBP Erwin Irawan, SIK MH mengatakan nantinya akan ada bantuan dari Walikota Pagar Alam untuk merapikan sekitar kolam dan memperbaiki akses jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: