Pilpres 2024, Benarkah Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik? Ini Tanggapan Peniliti

Pilpres 2024, Benarkah Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik? Ini Tanggapan Peniliti

Pilpres 2024, Benarkah Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik? Ini Tanggapan Peniliti--

Pilpres 2024, Benarkah Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik? Ini Tanggapan Peniliti

JAKARTA,PAGARALAMPOS.COM - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo , dalam konteks Pilpres 2024 dinilai lebih berpeluang besar.

Hal ini dikatakan oleh peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad.

Menurut Saidiman, Ganjar memiliki peluang yang lebih besar untuk meningkatkan elektabilitasnya dari pada tokoh lain, termasuk Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

BACA JUGA:Targetkan Ganjar Pranowo Menang Pilpres

"Ruang untuk Ganjar menaikkan elektabilitas masih cukup besar karena tingkat popularitas atau kedikenalannya masih lebih rendah dibanding Prabowo dan Anies," ujar Saidiman, Selasa (18/4/2023).

"Ada peluang bagi Ganjar untuk meningkatkan elektabilitas seiring dengan semakin luas awareness publik. Ini berbeda dengan Prabowo yang sudah dikenal hampir semua warga," tambahnya.

Meskipun elektabilitas Ganjar sempat mengalami penurunan setelah Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Saidiman berpendapat, penurunan tersebut hanya bersifat sementara.

Saidiman meyakini, masih terdapat ruang yang cukup besar bagi Ganjar Pranowo untuk meningkatkan elektabilitasnya, terutama seiring semakin luasnya awareness publik terhadap dirinya.

BACA JUGA:Resmikan Gedung Baru, Iwan Setiawan: Bawaslu Wasitnya Pilpres, Pilkada dan Pemilu

Hal ini berbeda dengan Prabowo yang sudah dikenal hampir oleh semua warga.

Saidiman juga menilai, peluang Ganjar untuk mendapatkan restu dari Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat besar, bahkan paling besar dibanding tokoh-tokoh lain.

Menurutnya, sebagai kader PDIP, Ganjar dianggap sangat kompetitif dan suaranya cenderung lebih unggul dibandingkan tokoh lain.

PDIP sebagai partai besar tentu ingin mengusung kadernya menjadi presiden kembali.

BACA JUGA:'Sentil Ganjar', Megawati Beri Pesan Menohok soal Pilpres 2024

"Sejauh ini, Ganjar adalah kader PDIP yang paling kompetitif bahkan suaranya cenderung lebih unggul dibanding tokoh lain," ujar Saidiman.

Saidiman yakin, PDIP tidak akan melewatkan kesempatan untuk menjadikan Ganjar sebagai kandidat presiden dalam Pemilu 2024.

Selain itu, dia meyakini, Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri akan satu suara dalam mengusung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Menurut Saidiman, Ganjar merupakan kader PDIP yang paling potensial dan kompetitif dalam Pilpres 2024.

BACA JUGA:BKSAP Konsisten Suarakan Akses Setara Bagi Perempuan di Kancah Politik

Dengan demikian, Saidiman mengungkapkan keyakinannya bahwa PDIP tidak akan melepaskan peluang untuk kembali menjadikan kader mereka sebagai presiden dalam Pilpres 2024.

Dengan demikian, Saidiman mengungkapkan keyakinannya bahwa PDIP tidak akan melepaskan peluang untuk kembali menjadikan kader mereka sebagai presiden dalam Pilpres 2024.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: