Syarat dan Waktu yang Tepat Untuk Membayar Zakat, Umat Islam Harus Tahu!

Syarat dan Waktu yang Tepat Untuk Membayar Zakat, Umat Islam Harus Tahu!

Syarat dan Waktu yang Tepat Untuk Membayar Zakat, Umat Islam Harus Tahu! --

BACA JUGA:Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Hannover

Syarat-syarat tersebut adalah persyaratan untuk orang yang wajib zakat fitrah. Ada juga syarat tidak wajib zakat fitrah di antaranya:

• Orang yang meninggal sebelum terbenam matahari pada akhir Ramadhan,

• Anak yang lahir selepas terbenam matahari pada akhir Ramadhan,

• Orang yang baru memeluk agama Islam sesudah matahari terbenam pada akhir Ramadhan,

• Tanggungan istri yang baru saja dinikahi selepas matahari terbenam pada akhir Ramadhan.

BACA JUGA:Polres Pagar Alam Gelar Pemusnahan Ops Pekat

Kapan Waktu Harus Berzakat

Apabila termasuk orang yang wajib mengeluarkan zakat fitrah, sebaiknya umat Islam mengeluarkannya di waktu yang tepat.

حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ عَمْرِو بْنِ مُسْلِمٍ أَبُو عَمْرٍو الْحَذَّاءُ الْمَدَنِيُّ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نَافِعٍ الصَّائِغُ عَنْ ابْنِ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَأْمُرُ بِإِخْرَاجِ الزَّكَاةِ قَبْلَ الْغُدُوِّ لِلصَّلَاةِ يَوْمَ الْفِطْرِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ وَهُوَ الَّذِي يَسْتَحِبُّهُ أَهْلُ الْعِلْمِ أَنْ يُخْرِجَ الرَّجُلُ صَدَقَةَ الْفِطْرِ قَبْلَ الْغُدُوِّ إِلَى الصَّلَاةِ

"Telah menceritakan kepada kami [Muslim bin Amru bin Muslim Abu Amru Al Khaddza’ Al Madani] telah menceritakan kepadaku [Abdullah bin Nafi’ As Sha`igh] dari [Ibnu Abu Zannad] dari [Musa bin Uqbah] dari [Nafi’] dari [Ibnu Umar] bahwasanya Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke tempat shalat) pada hari raya idul fitri. Abu ‘Isa berkata, ini merupakan hadits hasan shahih gharib, atas dasar ini para ulama lebih menganjurkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat shalat." (HR. Tirmidzi: 613).

BACA JUGA:Nikmati 6 Kuliner Khas Aceh dan Mengenal Sejarahnya

Hadis tersebut mengatakan bahwa zakat fitrah ada baiknya dilaksanakan sebelum sholat Idul Fitri. Meskipun begitu, sebaiknya umat Islam melaksanakan zakat fitrah sebelum Hari Raya agar kewajiban sebagai seorang muslimin terpenuhi lebih cepat.

Umat Islam perlu mengetahui waktu wajib zakat fitrah. Hal ini lantaran apabila terlewat dari waktu tersebut, maka umat Islam berzakat di waktu haram untuk memberikan zakat fitrah. Berikut adalah uraian waktu zakat yang tepat untuk mengeluarkan zakat fitrah,

BACA JUGA:Pluim Jadi Pemain terbaik Liga 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: