5 Jajanan Khas Lombok Utara ini Harus Kamu Bawa Pulang, Nomor 2 Jarang ditemui!

5 Jajanan Khas Lombok Utara ini Harus Kamu Bawa Pulang, Nomor 2 Jarang ditemui!

5 jajanan Khas Lombok Utara ini, Harus Dibawa Pulang!--

PAGARALAMPOS.COM, Lombok Utara - Lombok Utara memiliki keindahan tersendiri yang menjadikan wilayah ini terkenal eksotis. Provinsi ini terkenal dengan ragam destinasi wisata yang sangat menarik. Keindahan alamnya, budayanya, maupun adat istiadatnya sangat patut untuk diketahui.

Sudah sejak lama, Lombok dikenal sebagai salah satu pulau wisata yang ada di Indonesia. Keberadaan Pulau Gili yang bisa diakses dari sana semakin meningkatkan antusiasme turis. Tidak heran jika kemudian informasi seputar oleh-oleh khas Lombok Utara dan sekitarnya sangat diperlukan. Selain kulinernya yang lezat, Anda banyak jajanana dan cenderamata yang bisa dibawa pulang. Berkaitan dengan hal tersebut, simak ragam oleh-olehnya di sini

BACA JUGA:Asal Usul Dan Sejarah Penyebaran Islam di Masjid Kuno Bayan Lombok Utara

1. Dodol Rumput Laut

Dodol rumput laut merupakan jajanan khas Lombok yang sudah sangat terkenal. Kemasannya yang praktis dan mudah dibawa menjadi keunggulan tersendiri sehingga banyak pendatang yang membawanya pulang untuk oleh-oleh. Dodol ini bisa Anda masukkan di dalam tas atau koper saat perjalanan pulang dan tidak akan mudah rusak.

Bagian luar dodok dikemas menggunakan kardus sehingga tidak akan berantakan. Selain itu, dodol ini tanggal kadaluarsa cukup panjang sehingga Anda tidak perlu terburu buru memberikannya kepada sanak keluarga yang ada di kampung. Jajanan ini juga cukup digemari oleh anak anak karena rasanya yang manis.

BACA JUGA:Fakta Unik Desa Adat Beleq Gumantar Lombok Utara!

2. Susu Kuda Liar

Buah tangan berupa minuman yang juga bisa Anda temukan di Lombok Utara adalah susu kuda liar. Meskipun kuda liar tersebut berasal dari Sumbawa, namun minuman yang satu ini cukup terkenal sebagai oleh-oleh khas Lombok. Anda bisa menemukannya dengan mudah di setiap gerai oleh-oleh di sepanjang jalan. Bahkan Anda juga bisa menemukannya di Gili Lombok Utara.

Susu kuda liar dikenal memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu manfaat utamanya adalah dapat meningkatkan stamina tubuh. Secara tekstur, kabarnya susu ini lebih encer dan tidak mudah menggumpal seperti susu sapi. Rasanya juga lezat dan tidak ada bau yang aneh. Oleh karena itu, banyak orang yang merasa penasaran dan ingin membelinya.

BACA JUGA:Tanggapan Asnawi Setelah Cetak 2 Assist

Susu ini juga memiliki tanggal kadaluarsa yang panjang. Susu ini bisa bertahan selama satu tahun meskipun tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Banyak orang yang mengira bahwa ketahanan ini disebabkan oleh pengawet. Nyatanya, susu tersebutlah yang sejatinya tidak mudah rusak. Tidak heran jika susu unik ini selalu diburu oleh pendatang.

3. Kacang Mete Lombok

Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang kacangan yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan yang ada di dalam kacang mete diantaranya adalah protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, dan masih banyak lagi. Seluruh kandungan ini dapat meningkatkan kesehatan jantung bahkan membantu diet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: