Asal Usul Dan Sejarah Penyebaran Islam di Masjid Kuno Bayan Lombok Utara

Asal Usul Dan Sejarah Penyebaran Islam di Masjid Kuno Bayan Lombok Utara

Asal Usul Dan Sejarah Penyebaran Islam di Masjid Kuno Bayan Lombok Utara--

PAGARALAMPOS.COM, Lombok Utara - Lombok Utara memiliki keindahan tersendiri yang menjadikan wilayah ini terkenal eksotis. Provinsi ini terkenal dengan ragam destinasi wisata yang sangat menarik. Keindahan alamnya, budayanya, maupun adat istiadatnya sangat patut untuk diketahui.

objek wisata yang wajib dikunjungi yaitu Masjid Kuno Bayan Beleq. Masjid kuno ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Islam yang masih tersisa hingga saat ini. Masjid ini dibangun sejak abad ke 15 sehingga menjadikan masjid ini sebagai masjid tertua di Lombok.

BACA JUGA:Fakta Unik Desa Adat Beleq Gumantar Lombok Utara!

Masjid kuno ini memang masih bernuansa kuno atau tradisional. Bahkan dapat dikatakan jauh dari kata arsitektur modern. Pasalnya masjid ini masih mempertahankan keasliannya seperti ketika pertama kali dibangun. Masjid ini kini dijadikan sebagai salah satu bangunan cagar budaya yang tidak sembarang orang bisa memasukinya.

Sekitar abad ke 16 penyebaran agama islam juga masuk melalui pantai utara bayan dan dari arah barat sekitar tanjung. pembawanya adalah seorang syekhdari arab Saudi bernama Nurul Rasyid dengan gelar sufinya Gaoz Abdul Razak. (Pangarsa,1992)

BACA JUGA:Deretan Air Terjun Lombok Utara, bakalan bikin Kamu Ga Mau Pulang!

Gaoz Abdul Razak mendarat Lombok bagian utara yang disebut dengan nama bayan. iya pun menetap dan berdakwah disana mengawini Denda Bulan yang melahirkan seorang anak bernama Zulkarnaen. keturunan inilah yang menjadi cikal bakal raja-raja Seleparang .

Kemudian Gaoz Abdul Razak mengawini lagi Denda Islamiyah yang melahirkan Denda Qomariah yang popular dengan sebutan Dewi Anjani.

BACA JUGA:5 Pantai Di Lombok utara Yang memukau, Nomor 1 Terkenal hingga Manca Negara!

Berita lain juga menyebutkan sunan Pangging, pengikut sunan Kalijaga datang ke Lombok pada tahun 1940 untuk menyiarkan agama islam (sufi) ia kawin dengan putri dari kerajaan parwa sehingga menimbulkan kekecewaan raja Goa. selanjutnya rajaGoa menduduki Lombok pada tahun 1940. 

Sunan pengging terkenal dengan nama pangeran mangkugumi lari ke bayan. salah satu bukti yang dijadikan sebagai kajian tentang awal penyebaran agama islam adalah masjid kuno bayan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: