iPhone 8 Sudah Berumur 5 Tahun, Apakah Masih Layak di 2023?

iPhone 8 Sudah Berumur 5 Tahun, Apakah Masih Layak di 2023?

iPhone 8 Sudah Berumur 5 Tahun, Apakah Masih Layak di 2023?--

PAGARALAMPOS.COM – Pada tahun 2017yang sudah berlalu sekitar lima tahun lalu, iPhone merilis tiga iPhone terbaik mereka yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, serta iPhone X. Di tahun 2017 itu juga Apple mengenalkan salah satu inovasi terbaik mereka lewat perilisan iPhone X yang sudah tidak lagi memiliki tombol home dan memiliki poni ikonik di bagian atas layar.

Akan Tetapi, yang masih menjadi pertanyaan sekarang di tahun 2023, apakah iPhone 8, iPhone 8 Plus masih layak untuk digunakan sebagai smartphone utama untuk keperluan sehari-hari?

BACA JUGA:5 Camilan Khas Bima Ini Wajib kamu Cobain Saat Berkunjung ke NTB

Bagi mereka yang baru menggunakan iPhone, iPhone 8 bisa jadi salah satu pilihan tepat. Sebab, iPhone 8 sudah dibekali dengan prosesor yang kencang yakni Apple Bionic A11. Prosesor tersebut sama seperti yang disematkan pada iPhone X. Di sisi lain, iPhone juga dikenal dengan kemampuan menejeman memorinya yang sangat efisien.

Sehingga, setiap perangkat iPhone termasuk iPhone 8 masih terus bisa beroperasi dengan nyaman dan kencang meski sudah termakan usia. Selain itu, iPhone 8 juga dibekali dengan kamera yang cukup mumpuni. Meski secara angka hanya 12 MP, namun, kamera utama iPhone 8 masih bisa bersaing dengan kamera android lain di harga yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Rumah Sederhana Ini Ditawar Rp2,5 Miliar, Di Pagar Alam Juga Ada?

Alasan lainnya, iPhone 8 bekas saat ini sudah bisa dimiliki mulai dari harga Rp2 jutaan sampai Rp3 jutaan. Harga yang sangat terjangkau untuk bisa mendapatkan iPhone dengan performa kencang dan kamera yang berkualitas.

Namun, ada beberapa kelemahan yang juga dimiliki oleh iPhone 8. Pertama dari segi ukuran layar. Berbeda dari kebanyakan smartphone android, iPhone 8 masih menggunakan layar berukuran 4,7 inci. kekurangan ini bisa diatasi dengan memilik iPhone 8 Plus yang sudah memiliki layar lebih lebar dengan ukuran 5,5 inci.

BACA JUGA:Kota Pagar Alam, Menikmati Keindahan Serpihan Surga di Tengah Sumatera Selatan

Selain itu, desainnya juga masih belum full layar karena masih menggunakan tombol home dan bagian atasnya pun cukup tebal. Bagi sebagian orang, ukuran layar dan perangkat yang cukup kecil mungkin tidak begitu cocok. Meski, ada juga beberapa orang yang menyukai desain dan ukuran yang compact.

BACA JUGA:5 Spot Wisata Dengan View Keren Di Bima NTB

Dari segi daya tahan baterai, iPhone juga bukan juaranya. Meski memiliki dukungan penyimpanan dan sistem operasi yang sangat efisien, kapasitas baterai di iPhone 8 hanya 1.821 mAh. Sangat jauh dengan kapasitas baterai smartphone android yang sudah bersaing di angka 3.000 sampai 5.000 mAh. Sedangkan di iPhone 8 Plus, selain memiliki sensor dua kamera, layar yang lebih lebar, juga memiliki kapasitas baterai yang lebih tinggi di 2.691 mAh. Dari segi performa, iPhone 8 masih sangat bisa bersaing dan layak digunakan di tahun 2023. Dukungan update dari Apple pun masih terus diberikan hingga iOS 16 dan mungkin akan kembali diperpanjang ke iOS 17.

BACA JUGA:Mau Tukar Uang Baru? Gunakan Aplikasi PINTAR BI Mudah dan Praktis

Namun, dari segi ketahaan baterai dan ukuran layar, pengguna Android yang sudah terbiasa menggunakan layar lebih lebar memang membutuhkan penyesuaian di awal. Termasuk dari segi ketahanan baterai yang memang tidak bisa banyak diandalkan. Pengguna iPhone 8 yang harus mengisi ulang daya setiap dua kali sehari saja, sudah sangat bagus kondisinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: