Menjelajahi Fenomena Gerhana Matahari, Berikut Fakta, Dampak dan Tips Mengamatinya

Menjelajahi Fenomena Gerhana Matahari, Berikut Fakta, Dampak dan Tips Mengamatinya

Menjelajahi Fenomena Gerhana Matahari, Berikut Fakta, Dampak dan Tips Mengamatinya - Foto: Web Pemburu Ombak--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Tim Astrofotografi Universitas Brawijaya (UB) menjelaskan Ramadhan tahun ini akan terjadi fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang dapat diamati di Indonesia bagian timur hingga tengah.

Sedangkan daerah Indonesia bagian tengah hingga barat akan mengalami Gerhana Matahari parsial (sebagian).

Fenomena ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 20 April 2023 mendatang dengan pembagian waktu yang berbeda setiap daerahnya.

Dikutip melalui laman Observatorium Bosscha ITB dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Gerhana Matahari ini menjadi salah satu pemandangan alam yang menakjubkan dan spesial. Mengapa? Begini penjelasannya!

BACA JUGA:Harus Tahu! 7 Tempat Wisata Tersembunyi dan Eksotis di Lombok Timur

Gerhana Matahari Hibrid

Gerhana Matahari yang akan terjadi pada 20 April 2023 mendatang menjadi spesial karena berupa gerhana Matahari hibrid yang jarang terjadi. Di wilayah Indonesia Timur akan terjadi GMT dan daerah lainnya akan teramati sebagai gerhana Matahari parsial.

Johan Muhamad Peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjelaskan GMT di wilayah timur Indonesia akan berlangsung selama 1 menit 16 detik.

Beberapa wilayah yang akan dilalui GMT 2023 adalah Kabupaten Fakfak, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten teluk Wondama, Kabupaten Kepulauan Yapen dan beberapa daerah lain di Papua Barat dan sebagian Timor Leste.

Diperkirakan penampakan GMT 2023 akan terjadi pada pukul 12.20 WIT atau 10.20 WIB dan puncaknya pada 13.57 WIT atau 11.57 WIB.

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Di Lombok Tengah ini, Bakalan Bikin Kamu Belajar Budaya Dan Refreshing!

Sedangkan detikers di Jakarta dan wilayah Indonesia Barat lainnya bisa menyaksikan Gerhana Matahari Parsial pada pukul 09.29 WIB dengan puncaknya pada 10.45 WIB.

 

Dampak Gerhana Matahari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: